logo


Zelensky Minta Konflik Ukraina-Rusia Diselesaikan Lewat Diplomasi

Presiden Ukraina mengatakan bahwa situasi konflik yang berlangsung di Ukraina hanya bisa diakhiri melalui negosiasi

22 Mei 2022 06:30 WIB

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Euronews

KIEV, JITUNEWS.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa konflik di Ukraina hanya dapat diselesaikan melalui jalur "diplomasi". Pernyataan itu ia lontarkan pada Sabtu (21/5) di tengah kebuntuan dalam negosiasi antara Kyiv dan Moskow.

“Akhir (dari situasi perang) akan (dicapai) melalui diplomasi,” katanya kepada saluran televisi Ukraina, dikutip AFP.

"Akan ada pertempuran berdarah tetapi itu hanya akan berakhir secara definitif melalui diplomasi,” tegasnya.


Erogan Minta Swedia Setop Dukung Kelompok Teroris dan Cabut Kebijakan Sanksi sebelum Gabung dengan NATO

“Diskusi antara Ukraina dan Rusia pasti akan berlangsung. Dalam format apa saya tidak tahu - dengan perantara, tanpa mereka, dalam kelompok yang lebih luas, atau di tingkat presiden, "katanya.

“Ada hal-hal yang hanya bisa dicapai di meja perundingan. Kami ingin semuanya kembali (seperti sebelumnya)” tetapi “Rusia tidak menginginkan itu,” katanya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pada hari Selasa pekan lalu, negosiator utama Kyiv Mykhaylo Podolyak mengatakan bahwa pembicaraan dengan Rusia sejauh ini masih "ditunda" karena kedua pihak belum mencapai kesepakatan yang substansial.

Sementara itu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menuduh pihak berwenang Kyiv tidak berniat melanjutkan pembicaraan untuk mengakhiri permusuhan.

“Pembicaraan memang tidak bergerak maju dan kami mencatat kurangnya keinginan negosiator Ukraina untuk melanjutkan proses ini,” katanya.

Rusia Setop Ekspor Gas ke Finlandia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia