logo


Cak Imin Pamer 'NU Kultural Wajib Ber-PKB', Gus Yahya Ogah Tanggapi: Sudah Enggak Relevan

Gus Yahya sebut warga NU sudah dalam satu barisan

21 Mei 2022 06:00 WIB

Yahya Cholil Staquf
Yahya Cholil Staquf Instagram.com @yahyacholilstaquf

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf enggan menanggapi lebih jauh terkait sikap Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang memaperkan kaos bertuliskan 'NU Kultural Wajib Ber-PKB, Struktural Sakarepmu' di Instagram pribadinya.

"Ya gimana ya, ini soal kualitas ya, kita tanggapi yang berkualitas saja lah," ujarnya kepada wartawan, usai membuka Konferensi Besar NU di Jakarta Pusat, Jumat (20/5/2022).

Gus Yahya menegaskan bahwa saat ini sudah tidak relevan membicarakan warga NU secara kultural dan struktural. Ia menyebut semua warga NU ada dalam satu barisan.


Hilal Belum Terlihat, PBNU Tetapkan Awal Ramadan 3 April 2022

"Hari ini sih, di dalam forum ini semua yang berpengaruh secara kultural maupun struktural semua ada dalam satu barisan. Ada Kiai Mustofa Bisri (Gus Mus) di sini, ada Habib Zein Bin Smith di sini, semuanya ada di sini," jelasnya.

"Sehingga kalau ngomong kultural dan strukturak sudah enggak relevan lagi sekarang, semuanya satu," tandasnya.

Diketahui, istilah NU kultural merujuk pada warga atau kyai NU pada akar rumput yang menghidupkan tradisi. Sementara NU struktural merujuk pada warga atau kyai yang duduk di kepengurusan NU.

Cak Imin Sebut Gus Yahya Tak Berpengaruh ke PKB, Ini Kata Ketua PBNU

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati