logo


Presiden AS Bilang Negara yang Gabung dengan NATO Tak Timbulkan Ancaman bagi Negara Lain

Presiden AS menegaskan bahwa pihaknya sangat mendukung rencana Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO

20 Mei 2022 16:07 WIB

Aliansi Pertahanan Trans-Atlantik NATO
Aliansi Pertahanan Trans-Atlantik NATO istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa negara-negara yang bergabung dengan NATO tidak akan menimbulkan ancaman bagi negara lain. Hal itu ia sampaikan pada hari Kamis (19/5) dalam pidatonya bersama Presiden Finlandia Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson.

“Anggota baru yang bergabung dengan NATO bukanlah ancaman bagi negara mana pun. Tidak pernah. Tujuan NATO adalah untuk mempertahankan diri dari agresi,” kata Biden, menegaskan dukungannya terhadap rencana Finlandia dan Swedia bergabung dengan aliansi militer tersebut.

Presiden AS Joe Biden juga mengatakan bahwa NATO lebih relevan dan efektif dari sebelumnya ketika Finlandia dan Swedia memulai proses aksesi ke dalam aliansi.


Kanselir Jerman Bilang Tak Ada Jalan Pintas bagi Ukraina untuk Jadi Anggota Uni Eropa

“Hari ini, tidak ada pertanyaan, NATO relevan, efektif dan lebih dibutuhkan sekarang daripada sebelumnya,” kata Biden, dikutip Sputniknews.

Lebih lanjut, presiden AS itu mengatakan bahwa Gedung Putih akan mengirimkan laporan tentang aksesi Finlandia dan Swedia kepada Kongres untuk membuat proses persetujuan Senat lebih efisien.

“Hari ini, pemerintahan saya menyerahkan kepada Kongres Amerika Serikat laporan tentang aksesi NATO untuk kedua negara, sehingga Senat dapat secara efisien dan cepat bergerak menasihati dan menyetujui perjanjian itu,” kata Biden.

Rusia Sebut Ketahanan Pangan Global Terancam Gara-gara Keputusan Negara Barat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia