logo


Sentil Kementan Gegara Kasus PMK Merebak Lagi Usai 32 Tahun, DPR: Kok Tidak Tahu Sumbernya?

Anggota DPR meminta Kementan menelusuri sumber virus PMK

20 Mei 2022 08:32 WIB

Peternakan sapi.
Peternakan sapi. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi IV DPR RI, Suhardi meminta Kementerian Pertanian (Kementan) menulusuri sumber virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang kembali mewabah di Indonesia.

"Kementan harus cepat menelusuri sumber virusnya dan memitigasi penyebarannya apalagi distribusi ternak antarpulau menghadapi Idul Kurban sangat besar," kata Suhardi Duka kepada wartawan, Kamis (19/5/2022).

Suhardi mengatakan bahwa Indonesia sudah dinyatakan bebas dari penyakit PMK pada tahun 1990. Ia menyebut saat itu membutuhkan kerja keras untuk bisa dinyatakan bebas dari penyakit PMK.


Gegara Hal Ini, Formappi Sebut Kinerja DPR Tidak Pantas Diapresiasi

"PMK sebenarnya sejak 1990 Indonesia sudah dinyatakan bebas dan ini kerja keras yang lama baru bisa dinyatakan bebas," ujarnya.

Ia lantas menyoroti kinerja Kementan. Pasalnya sudah ada karantina di setiap pintu masuk RI, namun virus PMK kembali merebak di Indonesia.

"Awal tahun ini 2022 kembali menyerang Indonesia dan ditanya Kementan sumbernya dari mana? Asal negara apa? Masuk dengan ternak hidup atau daging? Sampai saat ini belum ada jawaban yang pasti," kata dia.

"Siapa yang lengah perlu ditelusuri yang pasti kita punya karantina setiap pintu masuk baik ternak hidup maupun daging. Kok tidak ditahu sumbernya?" ujarnya.

Minta Anggaran Gorden Rp43,5 Miliar Dibatalkan, Ketua Banggar: Ini Lukai Hati Rakyat

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati