logo


Kanselir Jerman Bilang Tak Ada Jalan Pintas bagi Ukraina untuk Jadi Anggota Uni Eropa

Kanselir Jerman mengatakan bahwa dibutuhkan waktu dan proses yang panjang bagi Uni Eropa untuk menerima Ukraina sebagai anggota

19 Mei 2022 22:30 WIB

Kanselir Jerman Olaf Scholz
Kanselir Jerman Olaf Scholz Reuters

BERLIN, JITUNEWS.COM - Kanselir Jerman Olaf Scholz, pada Kamis (19/5) mengatakan bahwa proses aksesi Ukraina untuk menjadi anggota Uni Eropa tidak bisa dipercepat meski negara itu kini tengah menghadapi serangan dari Rusia.

"Tidak ada jalan pintas dalam perjalanan menuju Uni Eropa," kata Scholz, menambahkan bahwa pengecualian untuk Ukraina tidak adil bagi negara-negara Balkan Barat yang juga berusaha menjadi anggota Uni Eropa.

“Proses aksesi bukan hitungan bulan atau tahun,” katanya dikutip AFP.


Erdogan Janji Tak Akan Ijinkan Finlandia dan Swedia Gabung dengan NATO

“Selama bertahun-tahun, mereka telah melakukan reformasi intensif dan mempersiapkan aksesi,” tambahnya.

“Ini bukan hanya masalah kredibilitas kami bahwa kami menepati janji kami kepada mereka. Saat ini, lebih dari sebelumnya, integrasi mereka juga menjadi kepentingan strategis kami,” katanya.

Kanselir mengatakan dia akan menghadiri KTT Uni Eropa pada akhir Mei “dengan pesan yang jelas bahwa Balkan Barat akan diijinkan bergabung dengan Uni Eropa.”

Scholz juga menyerukan cara lain untuk membantu Ukraina dalam jangka pendek, dengan mengatakan prioritasnya adalah "berkonsentrasi untuk mendukung Ukraina dengan cepat dan pragmatis" dalam menghadapi situasi konflik.

Sebelumnya, Presiden Perancis Emmanuel Macron juga mengatakan bahwa dibutuhkan waktu "puluhan tahun" bagi kandidat seperti Ukraina untuk bergabung dengan Uni Eropa.

WHO Desak Rusia Sediakan Akses Kesehatan ke Kota-kota Ukraina yang Mereka Kepung

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia