logo


Wonderful Solo Carnival Digelar Tahun Ini, Angkat Tema EUPHORIA “Kemeriahan Kesenian Tradisional"

WSC tahun ini ingin meluapkan rasa bahagia dan harapan bersuka cita dengan warga Solo.

19 Mei 2022 09:26 WIB

Wonderful Solo Carnival 2022
Wonderful Solo Carnival 2022 Istimewa

SOLO, JITUNEWS.COM – Wonderful Solo Carnival (WSC) bakal digelar di Pura Mangkunegaran pada 23 Mei 2022. Pada kesempatan ini, WSC mengangkat tema EUPHORIA “Kemeriahan Kesenian Tradisional” sebagai ungkapan rasa bahagia dan harapan bersuka cita dengan warga Solo.

Luapan kebahagiaan itu akan tertuang dalam sajian bentuk kostum, diantaranya Topeng Ireng; Jathilan; Reog; dan juga Wayang Wong. Masing-masing kostum tersebut memilik karakter tersendiri yang mencerminkan kesenian tradisional di Pulau Jawa.

WSC kali ini digarap oleh seniman muda kreatif dan berkarakter yang tergabung dalam komunitas paguyuban seniman karnaval Solo (Paskas), yang diketuai oleh Khoirul Imam.


Kembali Hadir! Panggung SIPA 2021 Tawarkan Hybrid dan Drive-in

Sebelumnya, tepatnya Minggu (15/5) lalu, telah terselenggara Launching Prototype Wonderful Solo Carnival di CFD Slamet Riyadi, Solo. Lewat kegiatan ini, tema-tema yang akan dilaksanakan pada saat event WSC diperkenalkan ke publik.

Lebih lanjut, rencananya, acara Grand Show Carnival akan dihelat pada 23 Juli mendatang. Namun sebelum itu, ada serangkaian kegiatan berupa workshop dan pre-event yang berlangsung pada rentang Mei-Juli.

Sebagaimana diketahui, Wonderful Solo Carnival merupakan suatu bentuk ajang pertunjukan karnaval yang ada di Kota Solo dengan menggaet anak muda kreatif dan inovatif dalam membuat suatu kostum karnaval.

Adapun WSC diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan anak muda Kota Solo di bidang desain khususnya busana karnaval. Event ini menawarkan berbagai kegiatan, di antaranya workshop desain kostum; make-up; koreografi; musik; yang dibimbing oleh para seniman.

Tak hanya memperkuat kota Solo sebagai kota budaya yang kreatif, WSC juga menjadi event yang menginspirasl masyarakat lewat karya yang ditampilkan dan melestarikan peninggalan budaya Jawa sebagai kekayaan budaya Indonesia pada umumnya dan Jawa khususnya, serta memperkenalkannya ke mancanegara.

Selain itu, dengan masuknya WSC sebagai salah satu agenda kota, diharapkan dapat memberikan efek domino untuk perekonomian kota Solo dan sekitarnya.

CREAVEST 2.0 Angkat Prestasi Kreatif Pemuda Lokal, Padukan Semangat Muda dan Budaya

Halaman: 
Penulis : Iskandar