logo


Jokowi Bolehkan Buka Masker, MUI: Masjid Gelar Karpet dan Sajadah Lagi

MUI sebut jemaah salat yang sehat diperbolehan membuka masker.

18 Mei 2022 06:00 WIB

Salat Jamaah dengan Jarak 1 Meter di Masa Pandemi Corona
Salat Jamaah dengan Jarak 1 Meter di Masa Pandemi Corona istemewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengizinkan masyarakat melepas masker ketika sedang beraktivitas di luar ruangan yang tidak padat orang.

Sejalan dengan hal itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Fatwa Asrorun Niam mengatakan bahwa jemaah salat yang sehat diperbolehan membuka masker. Sementara, jemaah bisa menyesuaikan usai menjalankan salat di masjid.

"Seiring dengan pelonggaran protokol kesehatan yang kembali ditetapkan pemerintah, maka pelaksanaan salat bagi masyarakat muslim yang sehat sudah tidak memakai masker lagi," kata Asrorun dalam keterangan resminya, Selasa (17/5).


Kritik Pemerintah soal Pemulihan Ekonomi, Demokrat Sebut Tak Ada Kebijakan Efektif

"Dan usai salat, jika berada di ruang publik, perlu menyesuaikan," sambungnya.

Ia juga membolehkan masjid menggelar kembali karpet dan sajadah yang sebelumnya dilarang untuk mencegah penularan virus Covid-19.

"Bisa kembali menggelar karpet serta sajadah untuk kenyamanan dan kekhusyukan beribadah," ujar dia.

Meski demikian, ia mengingatkan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, ia meminta jemaah tetap waspada terkait penularan virus Covid-19.

"Mencegah lebih bagus sebagai wujud ikhtiar untuk terus menekan potensi peredaran sekecil apa pun. Karena kita lihat bahwa wabah belum sepenuhnya hilang, seperti kasus di Korea baru-baru ini," pungkasnya.

 

Heran Bahasa Inggris Jokowi Dipersoalkan, Denny Siregar: Kalian Jadi Oposisi aja Gak Bermutu!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati