logo


Terungkap Alasan UAS Ditolak Singapura, Kemendagri: Ia Khotbahkan Bom Bunuh Diri Sah

Kemendagri Singapura menyebut UAS dikenal sebagai penceramah yang ekstremis.

18 Mei 2022 04:00 WIB

Ustaz Abdul Somad
Ustaz Abdul Somad YouTube Yayasan Tabung Wakaf Umat

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kemendagri Singapura mengungkapkan sejumlah alasan yang membuat negaranya menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad (UAS). Mereka menyebut UAS memasuki Singapura dengan pura-pura melakukan kunjungan sosial.

"Sementara Somad berusaha memasuki Singapura dengan pura-pura untuk kunjungan sosial, Pemerintah Singapura memandang serius siapa pun yang menganjurkan kekerasan dan/atau mendukung ajaran ekstremis dan segregasi. Somad dan teman perjalanannya ditolak masuk ke Singapura," tulis Kemendagri Singapura, dalam keterangan resmi melalui situsnya yang dilihat Rabu (18/5/2022).

Kemendagri Singapura juga menyebut UAS dikenal sebagai penceramah yang ekstremis. Mereka lantas mencontohkan khotbah UAS yang membicarakan bahwa bom bunuh diri adalah hal yang sah.


UAS Dilarang Masuk Singapura, Anwar Abbas Minta Pemerintah Singapura Jelaskan Alasannya

"Somad dikenal sebagai penceramah ekstremis dan mengajarkan segregasi, yang tidak dapat diterima dalam masyarakat multi-ras dan multi-agama Singapura. Misalnya, Somad telah mengkhotbahkan bahwa bom bunuh diri adalah sah dalam konteks konflik Israel-Palestina, dan dianggap sebagai operasi 'syahid'," lanjutnya.

Diketahui, UAS dan rombongan ditolak mendarat ke Singapura pada Senin (16/5/2022). UAS pun merasa geram karena saat itu tidak dijelaskan alasan penolakannya.

UAS Dideportasi dari Singapura, Abu Janda: Intropeksi Saja lah!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati