logo


Sekjen NATO Optimis Pasukan Ukraina Bisa Kalahkan Rusia

Sekjen NATO meyakini jika kemenangan Ukraina bisa tercapai karena situasi di medan pertempuran tidak berjalan sesuai dengan rencana Vladimir Putin.

17 Mei 2022 21:15 WIB

Sekertaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg
Sekertaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg istimewa

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada Minggu (15/5) meyakini jika Ukraina dapat meraih kemenangan dalam perjuangannya melawan pasukan Rusia, karena situasi di medan pertempuran tidak berkembang sesuai dengan rencana Moskow.

Berbicara kepada wartawan setelah pertemuan informal dengan para menteri luar negeri anggota NATO, Stoltenberg mengungkapkan bahwa topik utama dari diskusi tersebut adalah "dukungan kuat untuk Ukraina, penguatan lebih lanjut dari pencegahan dan pertahanan NATO, dan implikasi jangka panjang dari perang," termasuk sikap masa depan aliansi terhadap Rusia.

“Perang Rusia di Ukraina tidak berjalan seperti yang direncanakan Moskow. Mereka gagal merebut Kiev. Mereka mundur dari sekitar Kharkiv, serangan besar mereka di Donbass telah terhenti. Rusia tidak mencapai tujuan strategisnya,” kata Stoltenberg, dikutip RT.com.


Kiev Minta Pasukan Ukraina di Mariupol Segera Menyerah dan Menyelamatkan Diri

Dia menambahkan bahwa pasukan Ukraina terus melanjutkan perjuangannya, “NATO lebih kuat dari sebelumnya” serta AS dan Eropa “bersatu dengan kokoh”, dimana hal itu bertentangan dengan apa yang sudah diperkirakan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Ukraina bisa memenangkan perang ini. Ukraina dengan berani membela tanah air mereka," kata Stoltenberg, seraya menambahkan bahwa pasokan senjata dan dukungan lain dari para pendukungnya "membuat perbedaan nyata di medan perang."

Oleh karena itu, Stoltenberg berpendapat, blok tersebut harus terus mendukung Ukraina dengan mengirim lebih banyak senjata dan bantuan kemanusiaan.

PM Estonia Minta Semua Pemimpin Dunia Putuskan Kontak dengan Vladimir Putin

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia