logo


Potensi Terjadinya Perang Skala Besar Bakal Meningkat jika Ukraina Gabung NATO

Bergabungnya Ukraina menjadi negara anggota NATO di masa depan akan meningkatkan potensi terjadinya pertempuran langsung antara paukan militer Rusia dengan aliansi negara barat itu

17 Mei 2022 18:00 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Global Times

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Potensi bergabungnya Ukraina menjadi anggota NATO akan mengarah pada situasi di mana Rusia akan memiliki sengketa wilayah dengan negara anggota aliansi tersebut, dimana hal itu akan mengarah ke sebuah konflik yang sangat berbahaya. Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov.

"[Tidak seperti Ukraina], Finlandia dan Swedia tidak memiliki sengketa wilayah dengan Rusia," kata Peskov dikutip Sputniknews.

Finlandia dan Swedia sebelumnya sudah mengumumkan rencana mereka untuk bergabung dengan NATO pada 15 Mei.


China Desak G7 Tak Ikut Campur Urusan Negara Lain

Sebagaimana diketahui, Ukraina tidak mengakui jajak pendapat yang digelar oleh warga Krimea pada 2014, yang memilih untuk memisahkan diri dari Ukraina untuk kembali bergabung bersama Rusia. Jajak pendapat tersebut digelar setelah terjadinya aksi kudeta di Kiev, yang didukung oleh negara-negara Barat.

Terkait dengan rencana Finlandia dan Swedia yang ingin bergabung dengan NATO, Peskov berkomentar bahwa Rusia akan mengawasi prosesnya dengan cermat.

Juru bicara itu memperingatkan bahwa perkembangan ini membutuhkan analisis menyeluruh tentang konsekuensi yang mungkin terjadi.

Dia menambahkan bahwa dari sudut pandang Moskow, masuknya kedua negara ini ke aliansi tidak akan meningkatkan lanskap keamanan di kawasan Eropa.

“Kami akan memantau dengan cermat peristiwa yang sedang berlangsung dan kami akan mencatat pernyataan tersebut. Ada pernyataan dari Swedia bahwa mereka tidak akan mengizinkan pangkalan militer atau sistem senjata asing di wilayahnya bahkan jika bergabung dengan aliansi itu,” kata Peskov.

Moskow sendiri sebelumnya memperingatkan Finlandia dan Swedia bahwa keputusan mereka untuk bergabung dengan NATO akan memiliki implikasi jangka panjang dan akan mendorong Rusia untuk menanggapinya dengan langkah-langkah teknis militer.

Rusia Minta PBB Gelar Investigasi soal Dugaan Pengembangan Senjata Biologi Amerika di Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia