logo


Inggris Sebut Rusia Sudah Kehilangan Sepertiga Personil Militer di Ukraina

Kementerian Pertahanan Inggris mengklaim Rusia kini sudah kehilangan sepertiga dari total pasukan darat yang mereka kerahkan ke Ukraina pada Februari lalu

15 Mei 2022 19:55 WIB

Tentara Rusia di Suriah
Tentara Rusia di Suriah net

LONDON, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertahanan Inggris pada Minggu (15/5) mengatakan bahwa Rusia kemungkinan telah kehilangan sekitar sepertiga dari pasukan angkatan darat yang mereka kerahkannya ke Ukraina, dan serangannya di wilayah Donbas “telah kehilangan momentum dan mundur dari jadwal” awal.

“Meskipun berhasil mendapat kemajuan awal skala kecil, Rusia telah gagal mencapai keuntungan teritorial substansial selama sebulan terakhir,” kata kementerian pertahanan Inggris di Twitter, mengutip laporan dari dinas intelijen.

“Rusia sekarang kemungkinan menderita kerugian, (yakni) kehilangan sepertiga dari kekuatan tempur darat yang dikerahkan (ke Ukraina) pada bulan Februari kemarin,” tambahnya.


Pasokan Senjata AS dan NATO Bikin Konflik Ukraina Semakin Mengkhawatirkan

Sejak invasi Rusia pada 24 Februari, militer Ukraina telah memaksa para komandan Rusia untuk keluar dari ibukota Kyiv, sebelum membuat kemajuan pesat di timur laut dan mengusir mereka dari kota terbesar kedua di Ukraina, Kharkiv.

Sebuah serangan balasan Ukraina telah berlangsung di dekat kota Izium yang dikuasai Rusia. Meski demikian, militer Ukraina pada Minggu (15/5) melaporkan bahwa pasukan Rusia berhasil menguasai wilayah lain di Donbas, zona pertempuran utama selama sebulan terakhir.

Jerman Siap Percepat Proses Ratifikasi jika Finlandia dan Swedia Berniat Gabung dengan NATO

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia