logo


Jerman Siap Percepat Proses Ratifikasi jika Finlandia dan Swedia Berniat Gabung dengan NATO

Menteri Luar Negeri Jerman mengatakan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan segala yang diperlukan untuk mempercepat proses ratifikasi jika Finlandia dan Swedia memutuskan untuk gabung dengan NATO

15 Mei 2022 19:39 WIB

NATO
NATO Reuters

BERLIN, JITUNEWS.COM - Jerman telah mempersiapkan semua langkah untuk mempercepat proses ratifikasi jika Finlandia dan Swedia pada akhirnya memutuskan untuk mengajukan permohonan keanggotaan NATO. Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock pada Minggu (15/5).

“Jerman telah mempersiapkan segalanya untuk melakukan proses ratifikasi cepat,” katanya kepada wartawan usai bertemu dengan menteri luar negeri anggota NATO di Berlin, dikutip Reuters.

Ia menambahkan bahwa pada jamuan makan malam yang digelar pada Sabtu (14/5), para menteri telah sepakat bahwa keputusan untuk menerima Finlandia dan Swedia menjadi anggota NATO akan segera diambil setelah kedua negara memutuskan untuk bergabung dengan blok militer pimpinan AS tersebut.


Senjata yang Dikirim oleh Amerika kepada Ukraina Bakal Berakhir di Tangan Teroris

“Jika mereka memutuskan untuk bergabung, mereka dapat bergabung dengan cepat. Kami juga harus memastikan bahwa kami akan memberi mereka jaminan keamanan, tidak boleh ada masa transisi, zona abu-abu, di mana status mereka tidak jelas,” katanya.

Sebelumnya, proses ratifikasi bisa memakan waktu satu tahun, sehingga negara calon anggota tersebut belum bisa mendapat jaminan keamanan dari NATO.

 

Pasokan Senjata AS dan NATO Bikin Konflik Ukraina Semakin Mengkhawatirkan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia