logo


Vladimir Putin Bilang Negosiasi Kiev-Moskow Terhenti karena Ukraina Tak Berminat Melanjutkannya

Presiden Rusia mengatakan bahwa proses negosiasi Rusia-Ukraina terhenti karena pemerintahan Volodymyr Zelensky tidak berminat untuk melanjutkannya

15 Mei 2022 13:00 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin Sputniknews

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa negosiasi Moskow-Kiev kini tengah terhenti. Hal itu ia sampaikan saat melakukan pembicaraan telepon dengan Presiden Finlandia Sauli Niinisto. Menurut Putin, negosiasi terhenti karena pemerintah Ukraina tidak menunjukkan minat untuk melanjutkannya.

“Para pemimpin juga membahas situasi di Ukraina. Putin, khususnya, berbagi pendapatnya tentang proses negosiasi antara pihak Rusia dan Ukraina, yang pada dasarnya ditangguhkan oleh Kiev, karena tidak menunjukkan minat dalam dialog yang serius dan konstruktif," demikian pernyataan resmi dari kantor Kepresidenan Rusia, dikutip Sputniknews.

Moskow dan Kiev mengadakan beberapa putaran pembicaraan, dengan upaya terbaru untuk menemukan titik temu diadakan di Istanbul pada akhir Maret kemarin.


Turki Bersedia Evakuasi Warga Sipil dan Pejuang Ukraina dari Mariupol

Sementara itu, pasukan Rusia dan milisi DPR dan LPR terus berperang melawan pasukan Kiev di Donbass dan Ukraina dalam operasi militer khusus yang dimulai pada akhir Februari kemarin.

Menurut Rusia, operasi tersebut dilancarkan untuk menghentikan perang selama delapan tahun di wilayah Donbass. Presiden Putin menekankan bahwa sejak 2014 silam, militer Ukraina sudah melakukan tindak kejahatan perang dan genosida terhadap warga sipil Donetsk dan Lugansk, dua wilayah di Donbass yang ingin memisahkan diri dari Ukraina.

Harga Bahan Pangan Meroket, Jerman Salahkan Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia