logo


Swiss Cairkan Aset Rusia senilai $3.4 M yang Dibekukan oleh Uni Eropa

Pemerintah Swiss dilaporkan telah membebaskan akun-akun rekening milik entitas Rusia yang sebelumnya terkena kebijakan sanksi Uni Eropa.

14 Mei 2022 11:00 WIB

Bendera Swiss
Bendera Swiss Lonely Planet

BERN, JITUNEWS.COM - Sekretariat Negara Swiss untuk Urusan Ekonomi (SECO) melaporkan bahwa pemerintah Swiss telah mencairkan hampir $3,4 miliar aset Rusia selama sebulan terakhir, yang sebelumnya telah dibekukan di bawah kebijakan sanksi baru Uni Eropa.

Pejabat senior SECO Erwin Bollinger menjelaskan bahwa beberapa akun rekening yang dibekukan di Swiss akhirnya dibebaskan karena kurangnya bukti yang menunjukkan bahwa akun-akun tersebut milik entitas yang terkena kebijakan sanksi.

"Kami tidak dapat membekukan dana jika kami tidak memiliki alasan yang cukup [...] Jumlah aset yang dibekukan bukanlah ukuran seberapa efektif sanksi diterapkan", kata Bollinger, dikutip Sputniknews.


Mossad Gagalkan Rencana Iran Bunuh Seorang Petinggi Militer AS di Jerman

Swiss menghadapi tekanan dari negara-negara barat lainnya yang menjatuhkan sanksi terhadap Rusia menyusul dimulainya operasi militer khusus di Ukraina pada 24 Februari. Swiss dianggap sebagai salah satu pemegang utama aset bisnis Rusia.

Pemerintah Swiss dengan keras membantah tuduhan bahwa mereka mengizinkan undang-undang kerahasiaannya untuk melindungi uang Rusia yang diduga milik sekutu Presiden Vladimir Putin.
Dalam panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Presiden Swiss Ignazio Cassis baru-baru ini menuntut agar AS segera memperbaiki "kesan menyesatkan ini".

Personil Militer Ukraina Akui Membunuh Tentara Rusia Terasa seperti Olahraga

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia