logo


Dubes Finlandia Bilang Tidak Ada Ancaman Militer Langsung dari Rusia

Duta Besar Finlandia mengatakan bahwa pihaknya tidak melihat adanya ancaman militer langsung dari Rusia

14 Mei 2022 09:15 WIB

Bendera NATO dan Rusia (kiri)
Bendera NATO dan Rusia (kiri) istimewa

HELSINKI, JITUNEWS.COM - Finlandia tidak melihat adanya ancaman militer langsung dari Rusia saat ini. Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Finlandia untuk NATO Klaus Korhonen kepada CNN.

"Tidak ada ancaman militer langsung terhadap Finlandia atau aktivitas tidak teratur apa pun yang ditampilkan oleh Rusia," kata utusan itu seperti dikutip dalam wawancara dengan media AS tersebut pada Kamis (12/5).

Meski demikian, ia menegaskan bahwa Finlandia tetap bersikap waspada, dan mengantisipasi adanya serangan siber dari Rusia atau pun "kampanye disinformasi".


Intervensi Polandia di Konflik Ukraina Bakal Picu PD III

Utusan itu mengatakan bahwa dalam membuat keputusan tentang keanggotaan NATO tersebut didorong oleh "perubahan yang sangat drastis dalam lingkungan keamanan kita" setelah operasi militer Rusia di Ukraina.

Pada bulan Maret, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa aliansi akan mempercepat aplikasi keanggotaan Finlandia dan Swedia jika mereka memutuskan untuk bergabung dengan aliansi pertahanan pimpinan AS tersebut.

Pada hari Kamis, baik Finlandia dan Swedia secara resmi mengkonfirmasi rencana mereka untuk bergabung dengan NATO. Rencana itu mendapat dukungan dari Amerika Serikat dan Jerman.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan bahwa rencana Finlandia bergabung dengan NATO adalah "perubahan radikal dalam kebijakan luar negeri negara itu" dan Moskow akan dipaksa "untuk mengambil langkah-langkah pembalasan yang bersifat teknis-militer atau lainnya."

Rusia Sebut Bergabungnya Finlandia ke dalam NATO Bikin Eropa Tak Aman

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia