logo


Menko PMK Kalungkan Medali Emas Cabor Dayung dan Targetkan Indonesia Juara Umum Cabang Dayung

tim dayung Indonesia berhasil mempersembahkan medali emas di nomor Coxless Four Ringan Putra.

13 Mei 2022 21:58 WIB

tim dayung Indonesia berhasil mempersembahkan medali emas
tim dayung Indonesia berhasil mempersembahkan medali emas Humas Kemenko PMK

VIETNAM, JITUNEWS.COM- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyaksikan pertandingan cabang olahraga (cabor) rowing di perhelatan SEA Games 2021 Vietnam, di Thuy Nguyen Hai Phong Aquatics Center, Hanoi, Vietnam, Jumat (13/5).

Tim dayung Indonesia bertanding pada babak final di empat nomor, yakni : Coxless Four Ringan Putra, Sculls Quadruple Ringan Putri, Pair Putri, dan Sculls Quadruple Ringan Putra.

Pada hari ini, tim dayung Indonesia berhasil mempersembahkan medali emas di nomor Coxless Four Ringan Putra. Emas tersebut disumbangkan oleh Ali Buton, Denri Maulidzar Al Ghiffari, Ferdiansyah, dan Mahendra Yanto.


Menko PMK Besuk Korban Jatuh Wahana Perosotan Kenjeran Park

Indonesia menjadi yang tercepat di Haiphong Canoeing and Rowing Training Center dengan catatan waktu 6 menit 47,729 detik. Medali perak diraih tim tuan rumah Vietnam dengan 6 menit 52,879 detik, disusul Filipina dengan catatan waktu 7 menit 0,117 detik.

Selain meraih medali emas, dayung hari ini juga mempersembahkan perak melalui nomor Sculls Quadruple Ringan Putri. Anggi Widiarti, Melani Putri, Mutiara Rahma Putri, dan Nurtang mencatatkan waktu 7 menit 18,388 detik. Mereka berada di bawah Vietnam yang meraih emas dan mengungguli Filipina yang mendapatkan medali perunggu.

Total hingga pukul 12:10 WIB, Indonesia sudah mengoleksi empat emas, delapan perak dan satu perunggu. Indonesia berada di posisi tiga klasemen perolehan medali SEA Games 2021.

Dalam kesempatan itu, Menko PMK Muhadjir Effendy berkesempatan mengalungkan medali emas kepada tim yang mengharumkan nama Indonesia tersebut.

"Untuk para atlet dayung yang telah meraih medali emas untuk Indonesia saya ucapkan selamat. Saya ikut bangga, dan ini sangat membanggakan negara kita," ujarnya usai mengalungkan medali.

Muhadjir berharap, cabang olahraga dayung menjadi lumbung emas bagi Indonesia dalam perhelatan SEA Games Vietnam 2021. Dia menargetkan Indonesia menjadi juara umum di cabang olahraga dayung.

"Kita harapkan cabang dayung akan menjadi panggung peraih medali yang cukup besar. Target kita adalah juara umum di cabang dayung ini," tuturnya.

"Kita janji ke depannya kita akan kerja keras untuk mendapatkan prestasi yang baik" pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Menko PMK didampingi oleh Menteri PUPR sekaligus Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) Basuki Hadimuljono, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari.

Kemenko PMK Gelar Halal Bihalal bersama Pegawai

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar