logo


Menuju Kota Budaya Modern, Gibran Optimalkan 10 Titik Prioritas Pembangunan Kota Solo

Gibran berfokus mengoptimalkan 10 pembangunan Kota Solo untuk meningkatkan ekonomi daerah

13 Mei 2022 08:45 WIB

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Prokompim Pemkot Solo

SURAKARTA, JITUNEWS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memiliki prioritas dalam membangun wilayahnya. Ia berkeinginan menjadikan Solo sebagai kota budaya yang modern.

Gibran berfokus mengoptimalkan 10 pembangunan Kota Solo untuk meningkatkan ekonomi daerah.  Selain itu, ia ingin meningkatkan SDM dan pengembangkan potensi daerah agar mampu bersaing dengan kota-kota besar lainnya.

Dilansir dari channel YouTube GIBRANTV, Jumat (13/5/2022), berikut 10 prioritas pembangunan Kota Solo yang dioptimalkan oleh Gibran:


DPD: Pemekaran Daerah dapat Mengikis Ketidakadilan Pembangunan di Kaltara

1. Pembangunan Masjid Raya Syekh Zayed Solo

Masjid Raya Syekh Zayed Solo dibangun dengan nilai-nilai keislaman. Harapannya, bangunan ikon religi ini akan membawa dampak ekonomi bagi Kota Solo.

2. Pembangunan Islamic Center

Islamic Center merupakan pusat pendidikan dan pengajaran Islam yang meliputi kegiatan Tempat Pendidikan Al Quran (TPA), tafsir Quran, madrasah hingga pengembangan ekonomi syariah.

3. Pembangunan Elevated Rail Simpang Tujuh Joglo

Rel layang terpanjang di Indonesia ini akan mempermudah mobilitas, mengurai kemacetan, dan meningkatkan perekonomian Kota Solo.

4. Revitalisasi Technopark

Technopark menjadi psat pengembangan UMKM, pelatihan cyber security, pelatihan gaming, pusat research and development produk buatan Indonesia.

5. Revitalisasi Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto

Tempat ini akan menjadi sentra UMKM dan eksplorasi budaya. Tempat ini juga menyediakan area pementasan seni budaya masyarakat yang siap diadu dengan Malioboro.

6. Revitalisasi Kebun Binatang Jurug

Kebun binatang yang ada di Kota Solo ini sedang dalam proses pembangunan yang lebih modern. Hewa-hewan di Kebun Binatang Jurug akan ditampilkan seperti di habitat aslinya.

7. Pembangunan Shelter Manahan

Perencanaan penaatan shelter Manahan sebagai ruang publik yang lebih tertata dan modern. Tempat ini memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang melakukan aktivitas olahraga.

8. Revitalisasi Lokananta

Lokananta merupakan creative hub khusus seniman dan pemusik. Tempat ini memberikan fasilitas sarana rekreasi dan edukasi untuk pengembangan musik.

9. Revitalisasi Taman Balekambang Solo

Taman Balekambang menjadi pusat kebudayaan Jawa. Pranatanya meliputi perbaikan dan penambahan fasilitas, rehabilitasi gedung kesenian, dan work area open stage.

10. Revitalisasi Sentra IKM Meubel Gilingan

IKM Meubel Gilingan menjadi sentra meubel yang siap di ekspor ke luar negeri. Berbagi upaya dilakukan di tempat ini untuk meningkatkan kualitas meubel sehingga menjadi pusat meubel di Solo.

Demikianlah 10 prioritas pembangunan Kota Solo yang tengah kerjakan oleh Gibran Rakabuming Raka.

Launching Proyek Perubahan SIPOLAR, Gibran: Saya Harap Bisa Tingkatkan Pelayanan Publik

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati