logo


Gegara Hal Ini, Formappi Sebut Kinerja DPR Tidak Pantas Diapresiasi

Formappi mengatakan bahwa tugas DPR masih banyak

13 Mei 2022 06:00 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Peneliti Bidang Pengawasan Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), M.Djadijono mengkritik kinerja DPR RI yang disebutnya tidak pantas diapresiasi.

Ia menyayangkan DPR yang hanya mampu mengesahkan 3 dari 40 RUU dalam program legislasi nasional (prolegnas). Ketiga RUU yang sudah disahkan menjadi UU yaitu UU Ibu Kota Negara (IKN), Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah (HKPPD), dan Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).

"Kinerja legislasi DPR tidak pantas diapresiasi karena dari 40 RUU dalam program Prolegnas Prioritas tahun 2022 baru 3 RUU yang dapat disahkan, yaitu tentang Ibu Kota Negara (IKN), Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah (HKPPD), dan TPKS," ujarnya dalam evaluasi kinerja DPR secara virtual, Kamis (12/5/2022).


Soal Pengadaan Gorden Rumah Dinas Anggota DPR, Demokrat: Sangat Tidak Elok

Ia mengatakan bahwa tugas DPR masih banyak. Ia menyebut DPR seharusnya mengesahkan RUU yang dinilainya lebih mendesak seperti RUU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Perlindungan Data Pribadi, hingga Revisi UU Cipta Kerja.

"Karena 40 RUU Prolegnas Tahun 2022 hampir pasti tidak dapat diselesaikan," ujarnya.

Tegaskan Pemakzulan Jokowi Hanya Bisa Dilakukan DPR, NasDem ke Buruh: Mengerti UU Enggak?

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati