logo


Rusia Adalah Ancaman Langsung bagi Tatanan Internasional

Presiden Komisi Uni Eropa menyebut Rusia merupakan ancaman paling langsung terhadap tatanan internasional usai melancarkan serangan militer ke Ukraina

12 Mei 2022 21:30 WIB

Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen
Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen istimewa

TOKYO, JITUNEWS.COM - Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen, pada Kamis (12/5) mengatakan bahwa Rusia adalah “ancaman paling langsung” terhadap tatanan internasional karena invasinya ke Ukraina.

"Rusia saat ini merupakan ancaman paling langsung bagi tatanan dunia dengan perang biadab melawan Ukraina, dan pakta yang mengkhawatirkan dengan China," katanya setelah bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida bersama dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel, dikutip Al Jazeera.

Para pejabat tinggi Uni Eropa berada di Tokyo untuk menggelar pembicaraan tahunan. Pada pertemuan tahun ini, mereka menggelar pembahasan soal upaya untuk mendesak dan menekan Moskow untuk segera menghentikan serangannya di Ukraina.


Iran Sebut Keamanan Kawasan Teluk Persia Terancam dengan Hadirnya Pasukan Militer Asing

“Invasi Rusia ke Ukraina bukan hanya masalah Eropa, tetapi juga mengguncang inti tatanan internasional, termasuk Asia. Ini tidak boleh ditoleransi,” kata PM Jepang Fumio Kishida.

Para petinggi Uni Eropa juga menyampaikan kekhawatiran mereka tentang meningkatnya peran China di wilayah Asia Pasifik.

“Kerja sama kami di Ukraina sangat penting di Eropa, tetapi juga penting di Indo-Pasifik dan kami juga ingin memperdalam konsultasi kami tentang China yang lebih tegas,” kata Michel.

Sejumlah Media Barat Tuai Kritikan karena Tak Sebut Israel sebagai Pembunuh Jurnalis Al Jazeera

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia