logo


Heboh Hepatitis Misterius, Ini Tips Lindungi Anak Saat Arus Balik Mudik Lebaran

IDI menyarankan kepada para orang tua agar menyiapkan makanan anak sebelum berangkat perjalanan.

7 Mei 2022 16:00 WIB

Jalur Mudik Pantura
Jalur Mudik Pantura Dok. NTMC Polri

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Temuan kasus hepatitis misterius pada anak menghebohkan masyarakat Indonesia. Orang tua khawatir dengan kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya itu.

Kebersihan pun disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang memicu hepatitis misterius. Lantas bagaimana tips aman melindungi anak-anak dari hepatitis misterius saat arus balik lebaran? Hal tersebut lantaran kebersihan kerap dibaikan pemudik terutama saat terjebak kemacetan?

Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr dr Muzal Kadim, SpA(K) mengatakan bahwa penyebab hepatitis pada anak disebabkan infeksi virus yang ditularkan lewat saluran cerna. Oleh karena itu, ia menyarankan kepada para orang tua agar menyiapkan makanan anak sebelum berangkat perjalanan.


Waspada! Meski Dinyatakan Sembuh dari Corona Seseorang Bisa Terinfeksi untuk Kedua Kalinya

"Karena ini memang dugaan utama penularan saluran cerna, tentunya, pencegahannya yang terbaik adalah mencegah penularan fecal, oral, penularan lewat mulut," ujarnya dilansir detikcom, Sabtu (7/5/2022).

Ia juga menyarankan agar menghindari makan di luar atau jajan. Pasalnya, kebersihan warung makan itu belum tentu terjamin.

"Kita harus ada di tempat-tempat yang diyakini, bisa cuci tangan dengan baik, dengan sabun kita cuci tangan bersih dan makanannya juga kita harapkan (baik) kebersihannya," bebernya.

Saran lainnya, kata dia, yakni memastikan alat makan dalam keadaan bersih dan tidak saling ditukar. Begitu juga dengan air minum harus dipastikan sudah benar-benar matang.

"Alat-alat makan kan juga bisa menularkan. Jadi, untuk anak, kita siapkan sendiri," ucap dia.

"Lalu, air minum, sebaiknya memang, air minum itu dimasak untuk anak. Kalau memungkinkan, dalam perjalanan itu, siapkan air minum yang telah dimasak. Walaupun sudah dingin, sudah dimasak terlebih dahulu," pungkasnya.

 

3 Anak di DKI Meninggal Diduga Hepatitis Misterius, Benarkah Terkait Vaksinasi Covid-19?

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati