logo


Embargo Migas Rusia Diprediksi Picu Kelangkaan BBM di Jerman

Menteri Ekonomi Jerman memperkirakan jika Jerman akan menghadapi kelangkaan BBM jika Uni Eropa memberlakukan kebijakan embargo minyak Rusia

6 Mei 2022 16:00 WIB

Menteri Perekonomian Jerman Robert Habeck
Menteri Perekonomian Jerman Robert Habeck DW.com

BERLIN, JITUNEWS.COM - Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck, pada Rabu (4/5) mengatakan bahwa Jerman akan menghadapi kelanggkaan bahan bakar minyak jika Uni Eropa benar-benar memberlakukan kebijakan embargo atas komoditas energi Rusia. Ia menambahkan bahwa pemerintah Jerman saat ini tengah berusaha mengerjakan solusi yang memungkinkan untuk mencegahnya.

“Sayangnya, tidak menutup kemungkinan memang akan ada defisit. Ini bisa kita atasi, tapi ada kemungkinan akan ada terlalu sedikit minyak dan karena itu terlalu sedikit bensin untuk beberapa waktu. Ini tidak bisa dikesampingkan. Tentu saja, kami bekerja untuk memastikan bahwa ini tidak terjadi," kata menteri di siaran radio RTL.

Pernyataan tersebut ia sampaikan usai Presiden Komisi Eropa Ursula Von der Leyen mengumumkan paket keenam sanksi anti-Rusia, yang menargetkan Sberbank dan tiga penyiar besar milik negara Rusia, serta militer tingkat tinggi dan individu yang terlibat dalam operasi di Ukraina.


Menlu Rusia Bikin Pernyataan Kontroversial soal Yahudi, Vladimir Putin Minta Maaf ke Israel

Paket sanksi tersebut juga mencakup kebijakan embargo minyak Rusia secara bertahap. Padahal, beberapa negara Eropa selama ini sangat bergantung pada pasokan minyak dan gas asal Rusia, seperti Hongaria dan Slovakia. Kedua negara bisa saja mendapatkan ijin untuk tidak melakukan embargo minyak Rusia karena tidak memiliki alternatif lain.

Eropa Belum Siap Berlakukan Kebijakan Embargo Migas Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia