logo


Menko PMK Siapkan Arus Balik di Merak dan Bakauheni

Pelabuhan Merak sudah siap untuk menerima kedatangan para pemudik yang kembali ke Pulau Jawa.

6 Mei 2022 11:24 WIB

Menko PMK, Muhadjir Effendy melakukan pengecekan kesiapan Pelabuhan Merak.
Menko PMK, Muhadjir Effendy melakukan pengecekan kesiapan Pelabuhan Merak. Humas Kemenko PMK

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Puncak arus balik mudik lebaran diprediksi akan terjadi mulai dari 5 Mei sampai dengan 8 Mei tahun 2022. Pemerintah tentunya telah berupaya untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus balik seperti di bandara, jalan tol, stasiun, maupun pelabuhan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan pengecekan kesiapan Pelabuhan Merak dalam menerima para pemudik yang balik ke Pulau Jawa melalui jalur laut pada Kamis (5/5).

Menurutnya Pelabuhan Merak sudah siap untuk menerima kedatangan para pemudik yang kembali ke Pulau Jawa. Selain itu, untuk menghindari penumpukan penumpang dan kendaraan pada Pelabuhan Merak pemerintah juga melakukan penambahan Pelabuhan Ciwandan sebagai alternatif penurunan penumpang.


Menko PMK Cek Kesiapan Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang Hadapi Arus Balik Lebaran

Sebaliknya, selain Pelabuhan Bakauheni Lampung yang menerima arus balik para pemudik dari Pulau Sumatra terdapat tambahan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya.

"Jadi, nanti untuk mengantisipasi arus balik pemudik tidak hanya Pelabuhan Merak dan Bakauheni saja yang difungsikan tetapi ada tambahan yaitu Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya," jelasnya.

Letak Pelabuhan Bandar Bakau Jaya berada tidak jauh dari Pelabuhan Bakauheni, nantinya para pemudik arus balik setelah keluar dari tol trans Sumatera mereka akan diarahkan menuju Jalan Raya Lintas Pantai Timur Sumatera sejauh 2 KM untuk sampai di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya.

Sedangkan letak Pelabuhan Ciwandan berada di sebelah barat Pelabuhan Merak, nantinya para pemudik yang turun dari pelabuhan Ciwandan akan diarahkan menuju Gerbang Tol Cilegon Timur untuk kembali ke Jakarta.

Menko Muhadjir juga mengimbau kepada para pemudik yang akan balik untuk secepatnya kembali ke Jakarta atau pulang setelah arus balik sehingga tidak terjadi kepadatan yang mana dapat menggangu kelancaran kegiatan pengelolaan arus balik saat ini.

"Saya mengimbau kepada mereka yang akan balik untuk secepatnya balik jangan menunggu puncaknya arus balik, karena nanti akan sangat padat sehingga menganggu kelancaran kegiatan pengelolaan arus balik ini," tutur Muhadjir.

Selaras dengan hal tersebut, Kepala Direktorat Lalu Lintas Polda Banten Kombes Budi Mulyanto mengatakan, kepolisian akan terus bersinergi dengan pihak pelabuhan untuk mengatur arus mobilisasi pemudik mulai dari kedatangannya di Pelabuhan Merak hingga menuju jalan tol dan jalan arteri sekitar.

"Nantinya kita akan mengatur mulai dari kedatangan kapal yang masuk ke pelabuhan merak ini, sehingga nantinya penurunan penumpang dan kendaraan yang akan masuk ke jalan tol atau jalan arteri tidak secara bersamaan agar kepadatan dapat terurai," ungkapnya.

Urai Arus Balik, Jadwal Masuk Sekolah Diundur Jadi 12 Mei

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan