logo


Cegah Kepadatan Arus Balik, Menhub Kaji Dua Opsi Kebijakan: Apa Saja?

dua opsi tersebut akan dikaji lagi pada hari ini Kamis (5/5/2022).

5 Mei 2022 07:30 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mencegah kepadatan lalu lintas saat arus balik Lebaran 2022. Upaya itu, kata dia, berkaitan dengan pengendalian volume kendaraan yang masuk jalan tol.

Budi memberikan alternatif untuk membatasi tambahan pasokan dari kota kecil sepanjang pantai utara atau memberikan batasan pada supply one way yang ada pada pemindahan jalur arteri. Meski demikian, ia menyebut dua opsi tersebut akan dikaji lagi pada hari ini Kamis (5/5/2022).

"Apakah itu kita membatasi tambahan pasokan dari kota-kota kecil di sepanjang pantai utara, apakah kita memberikan suatu batasan pada supply one way yang ada pada pemindahan pada jalur arteri. Besok kita akan [bahas]," kata Budi dalam program Prime News CNN Indonesia TV, Rabu (4/5/2022).


Anies: Idul Fitri Kali Ini Ada Banyak yang Harus Disyukuri

Tidak hanya itu, Budi menyebut akan ada pembahasan terkait empat kebijakan lalu lintas yag sudah dijalankan saat arus mudik. Kebijakan itu antara lain penerapan sistem ganjil genap, one way, contra flow, dan larangan truk masuk jalan tol.

"Yang jelas empat rekayasa tetap berjalan dengan baik," ujarnya.

80 Juta Orang Mudik Tahun Ini, Luhut Bersyukur

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati