logo


Hadiri Solo Menari 2022, Sandiaga: Promosikan Kota Surakarta Sebagai Pusat Kesenian Tradisional Jawa

Sandiaga mengatakan bahwa event kesenian seperti ini bisa menggerakkan perekonomian

29 April 2022 17:51 WIB

Sandiaga Uno memberikan sambutan dalam acara Solo Menari 2022, di Balaikota Solo, Jumat (29/4)
Sandiaga Uno memberikan sambutan dalam acara Solo Menari 2022, di Balaikota Solo, Jumat (29/4) Tangkapan Layar YouTube Disbudpar Surakarta

SOLO, JITUNEWS.COM - Pemerintah Kota Solo menggelar acara 'Solo Menari 2022 - Gatra Manggala Muda' dengan lakon 'Parikesit Jumeneng Nata' untuk memperingati Hari Tari Internasional. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan apresiasi atas diselenggarakannya Solo Menari 2022.

"Apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah kota Surakarta yang telah menyelenggarakan acara ini dalam rangka memperingati Hari Tari Internasional tahun 2022 yang diperingati pada 29 April," kata Sandiaga dalam sambutannya di Balaikota Surakarta, Jumat (29/4).

Sandiaga mengatakan bahwa event kesenian seperti ini bisa menggerakkan perekonomian. Meski begitu, Sandiaga mengingatkan untuk tetap disiplin terapkan protokol kesehatan.


Gelar Solo Menari 2022, Gibran Rakabuming: Ayo Bakdan di Solo!

"Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa dua tahun kita berjuang, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo kita dianggap telah berhasil mengendalikan pandemi namun kita tidak boleh lengah event seperti ini yang langsung menggerakkan perekonomian harus kita lakukan dalam bingkai protokol kesehatan," katanya.

Sandiaga berharap acara ini bisa sekaligus mempromosikan Kota Solo sebagai pusat kesenian tradisional Jawa.

"Penyelenggarakan ceremony Solo Menari 2022 ini kami harapkan bisa mempromosikan kota Surakarta sebagai pusat kesenian tradisional Jawa pelestarian dan pengembangan budaya, serta sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku seni," ujarnya.

"Strategi inovasi, adapatasi, dan kolaborasi, kita bangkitkan perekonomian Indonesia membuka lapangan kerja seluas-luasnya tentu dengan semangat 3G gercep (gerak cepat) geber (gerak bersama) dan gas pol (garap semua potensi online)," lanjutnya.

Sandiaga memberikan apresiasi kegiatan ini sebagai momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi di Indonesia.

"Saya apresiasi kegiatan ini sebagai momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Terima kasih Mas Wali serta mari kita lestarikan daya masyarakat," ujarnya.

Ikut Kirab Budaya, Sandiaga Bersama Gibran dan Jan Ethes Naik Kuda

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata