logo


Polandia Masih Bisa Dapatkan Pasokan Gas Rusia dari Jerman dengan Harga Mahal

Gazprom mengatakan bahwa Polandia masih bisa mendapatkan pasokan gas Rusia meski pengiriman langsung dari Moskow sudah dihentikan

28 April 2022 23:19 WIB

Perusahaan energi Rusia, Gazprom
Perusahaan energi Rusia, Gazprom kafkadesk.org

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Perusahaan energi asal Rusia, Gazprom, mengatakan bahwa Polandia masih bisa mendapatkan pasokan gas alam Rusia. Hanya saja harga untuk komoditas tersebut jelas lebih tinggi mengingat Warsawa harus membelinya melalui pihak ketiga, yakni Jerman.

Menurut raksasa energi tersebut, Polandia terpaksa membeli gas alam Rusia dari Jerman setelah negara tersebut tidak bersedia membayar pasokan gas langsung dari Rusia dengan menggunakan mata uang rubel.

“Minggu ini Polandia menolak membayar gas Rusia dengan persyaratan baru, dalam rubel. Diumumkan dengan megah bahwa mereka tidak lagi membutuhkan gas Rusia dan tidak akan membelinya lagi. Namun nyatanya Polandia tetap membeli gas Rusia setelah pasokan langsung dihentikan. Sekarang membeli gas dari Jerman, dan kembali ke Polandia dengan aliran balik melalui pipa Yamal-Eropa,” kata perwakilan resmi Gazprom, Sergey Kupriyanov, dikutip RT.com.


Soal Pengiriman Senjata NATO ke Ukraina, Rusia: Mengancam Keamanan Benua

Pada hari Rabu, Gazprom mengumumkan penghentian total ekspor gas ke Polandia karena Warsawa gagal membayar pasokan bahan bakarnya dalam mata uang rubel sejalan dengan mekanisme pembayaran baru yang diluncurkan oleh pemerintahan Vladimir Putin pada awal bulan ini. Gazprom menambahkan bahwa pengiriman gas alam ke Bulgaria juga dihentikan karena alasan yang sama.

Menurut laporan media, Polandia terpaksa membayar lima kali lipat untuk komoditas gas Rusia tersebut dari Jerman.

Menlu Inggris Berharap Pasukan Rusia Bisa Diusir Keluar dari Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia