logo


Krisis Energi, Korsel Siap Kirim Gas ke Uni Eropa

Pemerintah Korea Selatan dilaporkan bersedia mengirimkan sebagian suplai gas alam cair mereka ke Uni Eropa usai Rusia menghentikan pasokannya ke sejumlah negara barat

28 April 2022 19:15 WIB

Bendera Korea Selatan
Bendera Korea Selatan kumparan

SEOUL, JITUNEWS.COM - Pemerintah Korea Selatan berencana untuk mengirim sebagian dari gas alam cair (LNG) mereka ke Eropa dalam upaya untuk mengurangi krisis energi yang disebabkan oleh pengurangan pasokan dari Rusia. Hal itu dilaporkan oleh kantor berita Korea Selatan Yonhap pada hari Kamis (28/4), mengutip pernyataan dari seorang pejabat kementerian industri yang tidak disebutkan namanya.

Rusia, yang terkena sanksi keuangan internasional, meminta negara-negara Eropa untuk mulai membayar gasnya dalam rubel bulan lalu. Pada hari Rabu, perusahaan energi Rusia Gazprom mengumumkan penangguhan pasokan gas ke Polandia dan Bulgaria karena kedua negara menolak skema pembayaran tersebut. Gazprom juga memperingatkan bahwa mereka akan membatasi transit gas ke negara lain jika Polandia dan Bulgaria menyadap pipa tanpa izin.

"Korea Selatan telah memutuskan untuk mengirim gas karena memiliki kemampuan untuk dukungan seperti itu di musim semi," kata seorang pejabat anonim kepada Yonhap.


Hadapi Tekanan AS, China-Iran Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Militer

Ia menambahkan bahwa gas akan dikirim ke Eropa sebelum musim panas dan volume pengiriman "tidak akan sebanyak" yang diharapkan oleh negara-negara barat.

Sementara itu, seorang pejabat lain mengatakan bahwa keputusan itu dibuat atas permintaan Amerika Serikat. Menurut laporan, AS pada Februari lalu sudah meminta Korea Selatan untuk membantu Eropa dengan menyuplai gas tetapi permintaan tersebut ditolak oleh Seoul.

Menurut laporan Yonhap, harga impor gas alam untuk Korea Selatan pada akhir Maret adalah USD 1.013 per ton, atau naik 20,08% dari bulan sebelumnya. Sementara pada Maret 2021, harga gas alam mulai menurun ke level USD 438.

Presiden Moldova Bilang Pasokan Gas Rusia Tak Tergantikan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia