logo


Nggak Dapat Pasokan dari Rusia, Polandia Batasi Pasokan Gas untuk Sektor Industri

PM Polandia mengatakan bahwa pihaknya akan membatasi pasokan gas untuk sektor industri setelah pengiriman gas dari Rusia dihentikan

28 April 2022 16:15 WIB

Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki
Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki Reuters

WARSAWA, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki pada Rabu (27/4) mengatakan bahwa pihaknya sedang bersiap untuk membatasi pasokan gas ke sektor industri, usai raksasa energi Rusia Gazprom memutuskan berhenti menyuplai gas ke Polandia dan Bulgaria karena kedua negara menolak untuk membayar dengan menggunakan mata uang rubel.

Morawiecki menjelaskan bahwa pembatasan tersebut hanya diberlakukan kepada sektor industri sehingga pasokan gas untuk kebutuhan rumah tangga masih tercukupi.

"Kami tidak memperkirakan skenario seperti itu dalam kasus pasokan ke rumah tangga. Kami akan melakukan segalanya sehingga, pertama-tama, orang dapat memanaskan rumah mereka dan memasak makanan mereka sendiri," katanya dikutip Sputniknews.


Pakar Kesehatan Gedung Putih Bilang AS Keluar dari Fase Pandemi

“Jika kita berbicara tentang tingkat berikutnya, seperti yang kita katakan di sektor energi, ketersediaan gas, maka berbagai rencana darurat sedang disiapkan sehingga kita tidak terkejut, tetapi hanya jika perlu, memperkenalkan pembatasan sedemikian rupa sehingga ekonomi Polandia menderita sesedikit mungkin dari penurunan pasokan gas," tambahnya.

Ia mengatakan bahwa pemerintah Polandia sudah menyiapkan sejumlah rencana untuk mencegah terjadinya krisis energi.

"Ini adalah rencana B. Saya berharap mereka tidak perlu diaktifkan. Tetapi pemilik yang baik juga harus memikirkan hal yang tidak terduga, dan kami siap untuk itu," perdana menteri Polandia menyimpulkan.

Polandia selama ini membeli sekitar 9 miliar meter kubik gas per tahun dari Rusia, dimana jumlah tersebut hampir setara dengan setengah dari total konsumsi gas negara tersebut.

Uni Eropa Tingkatkan Pembelian Gas Rusia dari Pihak Ketiga

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia