logo


Brand-brand Inovatif Sabet Top Innovation Choice Award dan Pertama di Indonesia

Perkembangan zaman akan selalu membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan

22 April 2022 15:54 WIB

TRAS N CO Indonesia bersama INFOBRAND.ID memberikan apresiasi kepada perusahaan/brand inovatif melalui Top Innovation Choice Award 2022
TRAS N CO Indonesia bersama INFOBRAND.ID memberikan apresiasi kepada perusahaan/brand inovatif melalui Top Innovation Choice Award 2022 Dok. Tras N Co

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sudah menjadi rahasia umum, perkembangan zaman akan selalu membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Tak terkecuali dalam dunia bisnis, perkembangan teknologi misalnya, telah membawa perubahan dalam hal produk yang dibutuhkan oleh masyarakat atau pasar, hingga bagaimana cara masyarakat mendapatkan produk yang mereka butuhkan.

Agar tidak hilang ditelan zaman, pelaku bisnis dituntut mengikuti perubahan, dengan menghadirkan produk yang relevan dengan kebutuhan pasar. Tidak hanya itu, brand bahkan wajib mengikuti tren bagaimana masyarakat mendapatkan produk yang dibutuhkan. Bagaimana mengikuti perubahan tersebut, karena itu terus berinovasi menjadi hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Perubahan bisnis yang terjadi, setidaknya dalam dua tahun terakhir, dipengaruhi oleh; pertama perkembangan teknologi digital yang telah membuka lanskap bisnis baru yang menuntut pelaku bisnis menghadirkan produknya di ranah digital. Kedua Pandemi Covid-19, yang tidak hanya mempercepat perkembangan teknologi digital, tapi juga membuka peluang beragam kebutuhan baru.


bank bjb Raih Predikat Indonesia Trusted Company di Ajang CPGI Award 2021

Menghadapi situasi tersebut, pelaku bisnis dan brand dituntut untuk berinovasi dengan memanfaatkan teknologi digital dalam proses bisnisnya. Selain brand juga dituntut untuk lebih inovatif menciptakan beragam produk baru sesuai dengan kebutuhan, seperti produk yang menawarkan solusi dengan teknologi digital, atau menjawab permasalahan yang ada di tengah Pandemi Covid-19.

Bahkan dengan inovasi, pelaku bisnis dan brand berpeluang menghadirkan produk atau layanan baru yang belum pernah ada, atau menjadi pioner di kategorinya. Dengan inovasi tersebut, maka membuat sebuah bisnis atau brand tidak hanya mampu bertahan hidup di tengah perkembangan sama, tapi juga mampu bersaing di tengah pasar yang semakin sengit, bahkan menjadi market leader.

Untuk mengetahui perusahaan dan brand yang sukses melakukan inovasi, TRAS N CO Indonesia, perusahaan yang fokus pada penelitian brand di Indonesia mengumpulkan data-data perusahaan dan brand inovatif, yang berhasil menciptakan inovasi yang berdampak langsung terhadap konsumen, sekaligus meningkatkan kinerja perusahaan. Atas dasar itu TRAS N CO Indonesia bersama INFOBRAND.ID memberikan apresiasi kepada perusahaan/brand inovatif melalui Top Innovation Choice Award 2022, dan Penghargaan Pertama Di Indonesia.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menjelaskan, peraih Top Innovation Choice Award 2022 ditentukan melalui riset Top Innovation Choice Index 2022 terhadap lebih dari 300 inovasi produk atau layanan yang diciptakan perusahaan/brand di sepanjang kurun waktu 1 tahun terakhir. Penilaian menggunakan desk research dan penjurian melalui melalui media monitoring, social media monitoring dan product profil berdasarkan tiga aspek penilaian yaitu; Innovation Idea Aspect, Innovation Advantage Aspect, dan Innovation Differentiation Aspect.

“Sementara untuk Penghargaan Pertama di Indonesia, diberikan berdasarkan hasil riset dan pendaftaran dengan pendekatan tiga kriteria; The First Aspect, Evidence Aspect, dan Validation Aspect,” jelas Tri Raharjo.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID menambahkan, Top Innovation Choice Award 2022 merupakan penghargaan bergengsi di bidang inovasi yang diberikan kepada brand yang telah berhasil menciptakan sebuah inovasi terhadap produk atau layanan. Menurutnya perusahaan dan brand yang inovatif dengan inovasi yang mampu memberikan efek positif kepada perusahaan, sangat layak untuk diberikan apresiasi.

Berikutnya, Penghargaan Pertama Di Indonesia, merupakan sebuah apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atas sebuah prestasi inovasi dan karya, yang berhasil diciptakan guna meningkatkan daya jual produk/jasa perusahaan dan menjadi pioner di kategorinya untuk diberikan pengakuan publik atas prestasi tersebut sebagai peraih predikat yang Pertama Di Indonesia.

“Kami bangga menjadi satu dari sedikit stakeholder yang selalu konsisten men-support perusahaan-perusahaan di Indonesia, yang telah berhasil menciptakan terobosan inovatif. Penghargaan ini menjadi penegasan atas inovasi pertama di sebuah kategori produk/jasa, yang pada kenyataanya telah berhasil membuktikan diri mampu menciptakan image positif untuk perusahaan/brand, sehingga image tersebut terpatri di benak para konsumen,” jelas Susilowati Ningsih.

Adapun beberapa brand peraih Top Innovation Choice Award 2022 antara lain; Prenagen dengan inovasi Prenagen Lova, susu dengan kandungan tinggi asam folat, kalsium, vitamin D, zat besi, minyak ikan, serta daun katuk untuk membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui dengan harga yang terjangkau. Zegavit, multivitamin dan mineral lengkap untuk membantu memelihara kesehatan tubuh.

Biodef dengan inovasi Biodef Natural Protection Body Wash & Biodef Natural Protection Hand Wash, sabun antiseptik dengan bahan aktif alami yang berasal dari mentha piperita essence yang dipadukan dengan natural glycerin sehingga dapat memberikan #ExtraLayerofProtection bagi keluarga. Makuku dengan inovasi Makuku Air Diapers Slim, Popok dengan bahan material Super Absorbent Polymer (SAP) yang membuat popok Anti gumpal, memiliki daya serap tinggi, serta dapat mengunci cairan dengan baik.

Cleo dengan inovasi Cleo Eco Green, inovasi produk AMDK dengan kemasan ramah lingkungan terbuat dari 100% plastik ePET yang merupakan hasil daur ulang dengan standar food grade dari FDA dan BBKK. Classy Yamaha dengan inovasi Yamaha Fazzio Hybrid-Connected, sepeda motor berteknologi blue core hybrid dengan electric power assist start yang berfungsi untuk membantu tarikan awal mesin pada 3 detik pertama dan Yamaha Motorcycle Connect yang mengkoneksikan sepeda motor dengan smartphone pada aplikasi Y-Connect. Aqua Japan dengan inovasi Super Wash Series, mesin cuci dengan teknologi super drum, eco Inverter, anti bacteria treatment dan steam function yang menjadikan diameter tabung lebih lebar dan kapasitas lebih besar, efisien dalam penggunaan listrik, serta menghilangkan 99,99% bakteri dan kuman.

Aqua Japan dengan inovasi AQB-240AB, AQB-310AB, dan AQB-340AB, kulkas showcase dengan teknologi bacteriostatic inner liner untuk perlindungan anti bakteri pada permukaan bagian dalam, menahan erosi bakteri untuk waktu yang lama dan bau yang disebabkan oleh bakteri. Tri dengan inovasi Bima Kredit, inovasi fitur layanan pinjaman bagi pelanggan prabayar maupun pascabayar Tri dengan limit sebesar Rp500.000 dan bunga 0% yang dapat diakses melalui aplikasi Bima+. Dan Npure, dengan inovasi NPure Cica Beat the Sun Powder, hybrid sunscreen powder yang ringan dengan menggabungkan physical sunscreen dan chemical sunscreen untuk memberikan perlindungan terhadap sinar matahari UVA/UVB dengan kuas yang nyaman.

Dan peraih Penghargaan Pertama Di Indonesia, adalah Aice dengan Inovasi Aice Mochi Klepon, es krim mochi pertama di Indonesia dengan aroma & rasa klepon

Jaga Nilai-nilai Kemanusian, Human Initiative Selenggarakan Initiative Forum: Inspirasi untuk Negeri, Berdikari dengan Kolaborasi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata