logo


Soal Aplikasi Salat dan Azan Curi Data, Fadli Zon Dorong RUU Perlindungan Data Pribadi Dipercepat

Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menemukan adanya pencurian data via aplikasi azan dan salat

21 April 2022 14:07 WIB

otoritasnews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menemukan adanya pencurian data via aplikasi azan dan salat. Anggota Komisi I DPR RI, Fadli Zon, mendorong RUU Perlindungan Data Pribadi segera dipercepat.

"Kita mendorong RUU Perlindungan Data Pribadi ini segera dipercepat," kata Fadli kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/4).

Politikus Gerindra ini mengatakan bahwa dengan adanya UU tersebut maka data-data pribadi bisa terlindungi.


Prabowo dan Jokowi Blusukan, Politikus Gerindra: Masyarakat Bisa Langsung Curhat

"Dengan adanya undang-undang ini lebih memungkinkan kita untuk melindungi data-data pribadi dari pencurian, hacking, dan penyalahgunaan data lainnya," kata Fadli.

Fadli Zon menilai ada beberapa aplikasi yang memang sangat rawan terjadinya pencurian data.

"Ya kalau memang ada informasi pencurian data seperti itu mungkin bisa kita dalami ya bagaimana caranya. Memang sangat rawan aplikasi-aplikasi itu tetapi memang aplikasi azan, Alquran, dan lain-lain itu kan memang diperlukan oleh umat Islam ya, karena kan itu sesuatu yang mudah," ujarnya.

Fadli Zon mendorong pengembangan aplikasi yang dibuat dalam negeri dengan keamanan yang ketat.

"Sebenarnya, yang paling harusnya kita kembangkan adalah aplikasi dari dalam negeri. Ini kan kebanyakan aplikasi dari luar (negeri). Harusnya aplikasi dari anak bangsalah. Dan itu saya yakin keamanannya mestinya bisa lebih protektif, gitu," katanya.

Sebelumnya, akun resmi Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengungkap ada aplikasi salat dan azan yang mencuri data pribadi.

"Waspada Aplikasi Salat dan Azan Pencuri Data Pribadi Beredar di Play Store, Sudah Diunduh 10 Juta Pengguna!," tulis akun @siberpoldametrojaya.

BKSAP DPR Bakal Ke Palestina, Fadli Zon Ingatkan Hal Ini

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata