logo


Tak Cuma Tolak Pemilu Ditunda, Warga Jateng Pengin Gibran Jadi Gubernur

Gibran unggul jauh dibanding nama populer lain, seperti Taj Yasin dan Hadi Rudyatmo.

14 April 2022 17:11 WIB

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Prokompim Pemkot Solo

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menempati posisi puncak sebagai sosok yang akan dipilih bila maju Pilkada Jawa Tengah hari ini.

Hal itu berdasarkan hasil survei opini publik yang dilakukan Charta Politika Indonesia terhadap 1.090 responden yang merupakan warga Jateng dan telah memiliki hak pilih dalam Pemilu.

Gibran yang meraih 28,5 persen suara unggul jauh dibandingkan nama populer lainnya, seperti Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen hingga eks Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.


Tinjau Lokasi Bakal Islamic Center, Gibran Janjikan Solusi Terbaik ke Warga

"Pada simulasi elektabilitas Pilkada Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka meraih 28,5 persen suara responden survei, dia (Gibran –red) berada pada posisi teratas jika Pilkada dilaksanakan hari ini," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, Kamis (14/4).

Di bawah Gibran, ada Taj Yasin Maimoen (11,3%), Hendrar Prihadi (6%), FX Hadi Rudyatmo (3,7%), Sudirman Said (3,6%), Achmad Husein (3,4%), Rustriningsih (2,2%), Komjen Condro Kirono (1,7%) dan lainnya (2,7%).

Pada lain hal, responden menolak wacana penundaan Pemilu 2024. Mereka ingin Pemilu tetap diselenggarakan pada 2024 mendatang.

"Kesetujuan pelaksanaan Pemilu tahun 2024, sebanyak 73,1 persen responden memilih setuju dan 24,6 persen responden tidak setuju. Sedangkan yang tidak menjawab sebanyak 2,3 persen responden," jelas Yunarto.

Untuk diketahui, metode yang dipakai dalam survei ini adalah multistage random sampling dengan wawancara tatap muka terhadap responden. Diketahui, Margin of error survei ini adalah sebesar +/- 2.97%.

Soal Pencegahan Korupsi, Gibran Minta Jajarannya Evaluasi Menyeluruh

Halaman: 
Penulis : Iskandar