logo


Sebut SBY Pernah Digoda Perpanjangan Jabatan, Pengamat: Kita Menghadapi Ini Lagi

Pengamat sebut SBY juga pernah menghadapi godaan perpanjangan masa jabatan.

14 April 2022 06:30 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis siang (9/3/2017).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis siang (9/3/2017). Biro Pers Setpres

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat politik Aditya Perdana mengatakan bahwa di Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga pernah menghadapi godaan perpanjangan masa jabatan.

"Pada zaman pak SBY di akhir masa jabatan juga pernah kita menghadapi situasi yang sama juga, Pak SBY juga digoda gitu ya untuk melanjutkan kepemimpinan di periode yang sama," ujar Aditya dalam diskusi bertajuk 'Fokus 2024: Sukses Pemilu dan Suksesi Kepemimpinan' secara virtual, Rabu (13/4).

Aditya menyebut mendiang Ani Yudhoyono juga pernah digoda untuk melanjutkan kepemimpinan SBY. Menurutnya, godaan tiga periode atau perpanjangan masa jabatan presiden bukan hal baru.


Jelang Pemilu 2024, Jokowi Akan Terbitkan Perpres Logistik Pemilu

"Ibu Ani juga pernah digoda juga untuk melanjutkan kepemimpinan pak SBY. Artinya dinastinya Yudhoyono itu dilanjutkan dan artinya godaan-godaan itu pasti akan terjadi," ucap Aditya.

Aditya mengatakan usulan perpanjangan masa jabatan juga dialami Presiden Joko Widodo diperiode kedua ini.

"Kita menghadapi ini lagi gitu ya. Jadi kalau kemarin itu pak SBY itu satu siklus tersendiri selama 10 tahun, pak Jokowi siklus kedua yang sedang terjadi dan digoda lagi gitu ya," katanya.

"Sekarang kita bagaimana menjaganya menjaga agar tetap reguler 5 tahunan terus kemudian ada orang-orang baru yang berganti mengisi kepemimpinan nasional. Untuk merespons bagaimana isu penundaan dan juga tiga periode itu untuk kita sudahi," pungkasnya.

Tulis Puisi Singgung Big Data dan Harga Meroket, Fadli Zon: Pengkhianat Merasa Jadi Pahlawan

Halaman: 
Penulis : Admin