logo


Bukan Hanya Makan & Minum, 7 Hal Ini Bisa Bikin Puasamu Batal

Yang membatalkan puasa bukan hanya makan atau minum.

12 April 2022 19:19 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kewajiban umat Islam, selain salat, adalah berpuasa di bulan Ramadan. Disarankan bagi umat Islam untuk memperbanyak ibadah di bulan suci tersebut.

Meski begitu, kaum muslim sebaiknya juga berhati-hati dengan berbagai hal yang dapat membatalkan puasa.

Sebagaimana pengertian syar’i, dilansir dari buku Tuntunan Puasa, Tarawih & Ied oleh Ustaz Abdurrahman, puasa adalah menahan makan, minum, dan segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.


Simak, Tips Anti Lelah saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Tak hanya makan dan minum, setidaknya ada tujuh sebab puasa batal. Berikut di antaranya.

- Muntah sengaja

Muntah disengaja dengan cara makan, minum berlebihan, atau memasukkan sesuatu bisa membatalkan puasa. Sedangkan muntah karena mabuk kendaraan atau hamil tak membuat puasa batal.

Apabila muntah tak disengaja, segera ambil air untuk berkumur. Seperti kata Buya Yahya, "bila tak sengaja, jangan menelan ludah sebelum berkumur. Kalau menelan ludah dulu, batal puasanya.”

“Muntahan dari dalam perut itu najis, harus disucikan dengan air bukan dengan ludah," terang Buya.

- Sengaja memasukkan sesuatu ke lima lubang di tubuh

Kelima lubang tersebut adalah mulut, hidung, telinga, saluran untuk buang air kecil, dan buang air besar.

"Yang dimaksud memasukkan ke mulut adalah menelan makanan dan minuman, Memasukkan sesuatu sampai ke bagian yang paling dalam hidung juga batal, tapi kalau masih di bagian hidung bawah boleh," terang Buya Yahya dilansir dari kanal YouTube Channel Al Bahjah TV.

"Puasa batal kalau memasukkan sesuatu ke telinga bagian dalam yang tidak bisa dijangkau jari kelingking. Begitupun memasukkan sesuatu ke saluran buang air kecil dan besar," lanjutnya.

- Keluar mani dengan sengaja

Mengeluarkan mani dengan sengaja—tanpa bersenggama—bisa jadi penyebab puasa batal. Sedangkan mengeluarkan mani tanpa sengaja misalnya mimpi basah di siang hari.

- Bersenggama

Berhubungan badan bisa membatalkan puasa.  Hal itu bersangkutan dengan memasukkan sesuatu ke lubang di tubuh.

- Haid, nifas, dan melahirkan

Puasa yang dijalani perempuan batal bila datang haid. Begitu juga mereka yang nifas dan melahirkan.

"Wanita ahli ibadah, biarpun hamil tua tetap puasa tapi setelah jam 4 sore bayi lahir, batal puasanya. Sama halnya dengan melahirkan bayi atau bakal bayi (keguguran)," jelas Buya Yahya.

- Hilang Akal

Adapun hilang akal yang dimaksud adalah gila maupun pingsan seharian: dari waktu sahur hingga Isya. "Kalau pingsan sempat sadar meski sebentar di siang hari, puasanya sah," kata Buya Yahya

Sementara itu, tidur seharian juga termasuk hilang akal. Dijelaskan Buya Yahya, tidur seharian adalah tidur yang disengaja agar tak menjalankan kewajiban ibadah.

- Murtad

Yakni berpaling dari agama Islam, baik perkataan, perbuatan, maupun kepercayaan. Misalnya, mengatakan Muhammad SAW bukan nabi, Alquran bukan wahyu Allah.

Cegah Bau Mulut saat Puasa, Begini Caranya

Halaman: 
Penulis : Iskandar