logo


Mahasiswa Demo, Camelia Lubis: Sah-sah Saja tapi Tertib

Mahasiswa dari BEM Seluruh Indonesia menuntut para wakil rakyat di parlemen untuk taat konstitusi

11 April 2022 13:50 WIB

Camelia Panduwinata
Camelia Panduwinata Dok.

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hari ini, Senin (11/4), ribuan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR. Mahasiswa dari BEM Seluruh Indonesia (SI) itu menuntut para wakil rakyat di parlemen untuk taat konstitusi khususnya soal perpanjangan masa jabatan presiden.

Menanggapi aksi yang dilakukan mahasiswa, Politisi Golkar Camelia Panduwinata Lubis pun mempersilakan mahasiswa untuk turun ke jalan menyuarakan aspirasinya. Apalagi kata Camel, demonstrasi adalah salah satu saluran penyampaian pendapat yang dijamin oleh undang-undang.

Meski begitu, Camel yang juga Bendahara Umum KITA pun mengingatkan para mahasiswa untuk tertib dalam menyampaikan aspirasinya. Jangan sampai, demonstrasi ribuan mahasiswa, para intelektual muda, calon-calon pemimpin bangsa itu malah disisipi aksi-aksi anarkisme yang dapat merugikan masyarakat umum.


Husin Shihab Tanggapi Aksi 11 April, Minta Polisi Tindak Tegas Pendemo yang Kurang Ajar

"Tentu saya menghormati sikap para mahasiswa yang hari ini turun ke jalan. Saya pula mengingatkan adik-adik mahasiswa agar demonstrasi dilakukan secara tertib mengikuti aturan. Demo sah-sah saja tapi tertib," kata Camel Lubis kepada wartawan, Senin (11/4).

Sementara soal substansi tuntutan mahasiswa, Camel menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo telah berkali-kali menegaskan pemerintah taat konstitusi. Bahkan pemerintah bersama KPU tengah bersiap untuk menyukseskan rangkaian agenda pemilihan umum.

Sementara soal tuntutan penurunan harga bahan-bahan pokok, menurut Camel tuntutan itu juga sejalan dengan keinginan pemerintah untuk menstabilkan harga. Namun kondisi geopolitik yang berkecamuk, khususnya di Eropa, mengerek harga-harga komoditas di seluruh dunia.

Pemerintah, imbuh Camel, juga cepat merespon dengan menyalurkan bantuan langsung tunai bagi masyarakat miskin, serta bantuan bagi para pekerja untuk meringankan beban kenaikan harga-harga bahan pokok.

"Tentu itu salah satu cara pemerintah untuk meringankan beban masyarakat kecil. Di samping tentunya kebijakan-kebijakan lain juga dikeluarkan agar inflasi kita terjaga selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H," pungkas Camel.

Sentil Pendemo 11 April, Teddy eks PKPI: Kalau Gak Sampai Berhari-hari itu Mahasiswa Pengecut

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata