logo


7 Destinasi Wisata Religi Pulau Jawa yang Cocok Dikunjungi saat Ramadhan

Menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan sambil meluangkan waktu melakukan wisata religi di Pulau Jawa.

11 April 2022 09:40 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pulau Jawa merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain memiliki kekayaan alam dan budaya yang menarik, Pulau Jawa juga mempunyai banyak destinasi wisata religi bagi para umat Islam. Berbagai destinasi tersebut tentu cocok dikunjungi saat bulan Ramadhan untuk menambah kekhidmatan dalam menjalankan ibadah puasa.

Perjalanan wisata religi di Pulau Jawa saat Ramadan kini semakin praktis karena Anda dapat booking tiket bus dapat dilakukan melalui Traveloka. Saat ini, Traveloka menjalin kerja sama dengan berbagai operator bus terpercaya di Indonesia yang siap mengantar wisatawan ke mana saja dan kapan saja. Para wisatawan tinggal mengakses website atau aplikasi Traveloka untuk melakukan booking tiket bus dengan jadwal yang diinginkan. Informasi jadwal dan trayek bus, biaya tiket, foto, dan fasilitasnya tersedia secara lengkap di Traveloka sehingga wisatawan dapat menentukannya sesuai kebutuhan.

Beberapa destinasi wisata religi Pulau Jawa yang patut disinggahi selama bulan Ramadhan antara lain sebagai berikut:


7 Wisata Solo yang Hits dan Instagramable

Masjid Agung Banten

Destinasi wisata religi pertama yang sangat direkomendasikan pada bulan Ramadhan adalah Masjid Agung Banten. Selain menjadi tempat wisata religi yang populer, Masjid ini juga sudah termasuk dalam cagar budaya Banten. Masjid Agung Banten didirikan oleh Sultan Maulana Hasanuddin pada rentang tahun 1555 hingga 1570. Suasana masjid yang luas ini dibuat mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah sehingga terkesan sangat indah.

Batu Quran

Satu tempat wisata religi lagi yang tak kalah istimewa di Banten adalah Batu Quran. Konon, lokasi tersebut merupakan tempat petilasan Syekh Maulana Mansyur, salah seorang putra Sultan Maulana Hasanuddin, sang raja Banten.
Tempat wisata religi yang berlokasi di kawasan Desa Kadubungbang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang ini terdiri dari tempat pemandian yang memiliki batu pipih berukuran kecil yang disebut Batu Quran. Salah satu keunikan Kolam Pemandian Batu Quran adalah kondisi air yang tak pernah surut, bahkan saat musim kemarau.

Makam Syaikh Quro, Karawang

Wisata religi tak selalu identik dengan lokasi yang jauh. Salah satu destinasi wisata religi yang letaknya tak jauh dari Jabodetabek adalah Makam Syaikh Quro. Tokoh agama yang dikenal dengan nama Syaikh Qurotul Ain atau Syaikh Hasanuddin atau Syaikh Mursahadatillah tersebut merupakan ulama penyebar agama Islam di Karawang. Lokasi Makam Syaikh Quro berada di kawasan Desa Pulo Kelapa, Kecamatan Lembahabang.

Makam Sunan Gunung Jati, Cirebon

Sunan Gunung Jati yang bernama asli Sultan Syarif Hidayatullah Al-Azhamatkhan Al-Husaini Al-Cirbuni Shahib Jabal Jati merupakan tokoh penting dalam penyebaran agama Islam di Cirebon. Tak hanya menjadi salah satu dari sembilan Wali Songo, Sunan Gunung Jati juga pernah menjadi Raja Cirebon kedua pada tahun 1479 dengan gelar Maulana Jati. Makam Sunan Gunung Jati yang berada di kawasan Astana, Gunungjati, Cirebon selalu ramai dikunjungi umat Islam, terutama pada bulan Ramadhan.

Masjid Agung Demak

Kota Demak punya icon kebanggaan berupa Masjid Agung. Masjid tertua di Pulau Jawa ini diperkirakan dibangun pada tahun 1401 dan menjadi cikal bakal Kerajaan Glagahwangi Bintoro. Arsitektur Masjid Agung Demak sangat unik karena merupakan perpaduan dari budaya Bali dengan rumah tradisional khas Jawa Tengah. Bentuk bangunan yang istimewa tersebut diyakini sebagai salah satu sarana penyebaran agama Islam di tengah masyarakat Hindu.

Masjid Bumi Goa Ashabul Kahfi Al-Maroko

Tuban adalah kota kecil di tanah air yang dijuluki kota seribu goa. Meskipun letaknya agak terpencil, Tuban juga punya destinasi wisata menarik berupa Masjid Bumi Goa Ashabul Kahfi Al-Maroko. Berbeda dengan bangunan masjid pada umumnya, masjid yang satu ini dibangun di dalam gua sehingga interiornya sangat unik.

Ide membangun masjid di dalam gua berasal dari Pemimpin pondok pesantren Ashabul Kahfi yang berlokasi tidak jauh dari gua kemudian diwujudkan pada tahun 2022. Suasana masjid yang terletak di bawah tanah membuatnya minim polusi, sejuk, dan cocok digunakan untuk kegiatan iktikaf.

Makam K.H. Abdurrachman Wahid

Selain mengunjungi makam Wali Songo, para umat Islam juga bisa berziarah ke makam Presiden keempat Republik Indonesia, K.H. Abdurrachman Wahid di Jombang, Jawa Timur. Makam yang berlokasi di kawasan Pondok Pesantren Tebu Ireng ini memang senantiasa ramai didatangi pengunjung. Uniknya, seluruh makam di kawasan tersebut tidak memiliki nisan, termasuk makam K.H. Abdurrachman Wahid. Namun, para wisatawan dapat mengenali makam tersebut dengan mudah karena terdiri dari aneka hiasan bunga berwarna-warni.

Selain ketujuh destinasi wisata religi tersebut, masih ada banyak sekali destinasi istimewa lainnya yang tak boleh dilewatkan. Bersiaplah menunaikan ibadah puasa sebaik mungkin di bulan Ramadhan tahun ini sambil meluangkan waktu melakukan wisata religi di Pulau Jawa.

7 Hal yang Sangat Dirindukan dari Malaysia, Siap-siap ke Sana, Yuk!

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata