logo


Jepang Setop Impor Batu Bara dari Rusia

Pemerintah Jepang berhenti mengimpor batu bara dari Rusia sebagai respons atas tindak kejahatan perang di Ukraina

8 April 2022 19:30 WIB

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida istimewa

TOKYO, JITUNEWS.COM - Pemerintah Jepang, pada Jumat (8/4) mengatakan bahwa mereka akan menghentikan impor batu bara dari Rusia dan mengumumkan pengusiran delapan diplomat Moskow atas tindak "kejahatan perang" di Ukraina.

Langkah itu dilakukan ketika negara-negara barat meningkatkan tekanan pada Moskow setelah adanya laporan yang menuduh jika pasukan Rusia sudah membunuh warga sipil di daerah sekitar Kyiv, ibukota Ukraina.

“Pasukan Rusia telah membunuh warga sipil dan menyerang fasilitas nuklir, sangat melanggar hukum humaniter internasional. Ini adalah kejahatan perang yang tidak akan pernah bisa dimaafkan,” kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida kepada wartawan, dikutip AFP.


China Tak Terima dengan Pengusiran Rusia dari Dewan HAM PBB

"Kami akan melarang impor batu bara Rusia," tambah Kishida.

Ia juga berjanji akan mencari alternatif pasokan batu bara dari negara lain dan meminta warga Jepang untuk memahami keputusan tersebut.

Selain itu, Jepang juga akan melakukan pembekuan terhadap aset milik Rusia dan larangan impor mesin dan minuman alkohol dari negara tersebut. Kishida mengatakan bahwa pemerintah Jepang akan terus mendukung penyelidikan yang digelar oleh Pengadilan Kriminal Internasional soal tindak kejahatan perang yang dilakukan oleh Rusia di Ukraina.

Rusia Berharap Bisa Selesaikan Operasi Militernya di Ukraina dalam Hitungan Hari

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia