logo


Cegah Bau Mulut saat Puasa, Begini Caranya

Sikat gigi secara rutin adalah salah satu caranya.

4 April 2022 10:33 WIB

Ilustrasi bau mulut - Remedies For Me
Ilustrasi bau mulut - Remedies For Me

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tak dapat dibantah atau dipungkiri, persoalan yang muncul selama menjalani ibadah puasa adalah bau mulut. Sementara kebanyakan orang merasa tak percaya diri jika mendapati napasnya bau. Hal itu tentu dapat mengurangi intensitas komunikasi secara langsung dengan orang lain.

Namun, bau mulut ternyata bisa dicegah, sehingga interaksi selama puasa tetap lancar seperti biasa. Berikut caranya.

  1. Sikat gigi secara rutin

Cara pertama untuk mengatasi bau mulut saat puasa adalah rutin menyikat gigi. Pastikan hal ini dilakukan ketika sahur dan berbuka puasa. Selain mencegah bau mulut, konsisten menyikat gigi dapat menjaga kesehatan mulut.


Berbuka dengan Teh Manis Hangat Sangat Disarankan, Ternyata Ini Alasannya

  1. Berkumur dengan baking soda

Berkumur menggunakan baking soda adalah cara lain mengatasi bau mulut. Berkumurlah dengan air yang ditambah 1/4 sendok baking soda, sedikit garam dan dua sendok makan air lemon.

  1. Konsumsi buah dan sayur diperbanyak

Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran bisa melindungi gigi dari plak. Pir, jeruk, lemon, tomat, serta apel bisa jadi pilihan tepat saat sahur dan buka puasa.

  1. Minum teh hijau

Ternyata teh hijau bisa membantu menghilangkan bau mulut. Sebab, teh hijau mengandung zat antioksidan yang bisa mematikan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung zat aktif yang bisa menghilangkan plak.

  1. Hindari makan keju

Bakteri baik dalam keju bisa menghasilkan aroma tidak sedap pada mulut. Di bulan Ramadan, sebaiknya berhenti mengonsumsi keju, atau setidaknya mengurangi.

Ramadan, Abu Janda Beri Pesan ke Non-muslim: Jalani Hidup Seperti Biasa, Ngopi Tak Perlu Sembunyi

Halaman: 
Penulis : Iskandar