logo


Simak, Tips Anti Lelah saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Kurangnya waktu istirahat bisa jadi penyebab kelelahan.

4 April 2022 10:20 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Ramadan ialah bulan baik bagi umat Islam. Bulan dimana pahala dilipatgandakan sehingga mendorong kaum muslim berbondong-bondong untuk memperolehnya.

Banyaknya waktu ibadah yang baik untuk dijalani lumrah mengurangi jam tidur. Belum lagi mereka yang berpuasa harus bangun lebih awal demi sahur.

Kurangnya waktu istirahat bisa jadi penyebab kelelahan. Kelelahan dapat memicu beragam penyakit.


Ramadan, Abu Janda Beri Pesan ke Non-muslim: Jalani Hidup Seperti Biasa, Ngopi Tak Perlu Sembunyi

Meski begitu, kelelahan itu ternyata dapat dicegah. Umat muslim bisa beraktivitas seperti biasa—sembari berpuasa—tanpa rasa letih dan sejenisnya. Berikut tips menangkal lelah, seperti dilansir dari laman Gulf News dan The National.

Ambil Tidur Siang

Tidur siang setidaknya dapat meningkatkan semangat dan daya pikir. Irshaad Ebrahim selaku Ahli tidur di London Sleep Centre Dubai mengatakan, tidur siang cukup dilakukan 20-30 menit saja.

Terkait tempat, Irshaad menyarankan penggunaan ruangan yang nyaman. "Usahakan tempatnya gelap atau gunakan penutup mata agar tidur nyenyak dan berkualitas," jelasnya.

Kesampingkan Makanan Pemicu Insomnia

Asupan pemicu insomnia yang dimaksud adalah makanan berat kaya gula, dan kalori. Lebih baik makanan tersebut dihindari saat berbuka puasa.

"Hindari juga makanan yang sangat pedas, gorengan, kopi, dan produk yang mengandung kafein karena mengandung stimulan yang dapat mengganggu waktu tidur," jelas internis sekaligus ahli tidur di Medcare Hospital, Hady Jerdak.

Bikin Jadwal Aktivitas

Sangat baik untuk membuat daftar kegiatan selama Ramadan. Misalnya, setelah sahur itu pergi kerja, lantas mengadakan rapat, olahraga, berbuka puasa, dan salat.

Spesialis Neurologi di Aster Speciality Clinil, Vishal Pawar mengatakan, aktivitas lebih baik dilakukan pada waktu normal, sehingga tak merusak jam tidur malam.

"Usahakan waktu-waktu yang digunakan tidak melebihi jam normal agar tetap bisa tidur di waktu yang tepat, yakni sekitar pukul 21.00-22.00 setiap malam,” kata Vishal.

“Bukan hanya mengatasi kelelahan, namun tidur dengan waktu yang sesuai bisa membantu tubuh menjalankan detoksifikasi alami sehingga racun dapat dibunuh," sambungnya.

Bakal Jalani Umrah dan Puasa di Makkah, Dinar Candy: Mau Berdoa Terus di Sana

Halaman: 
Penulis : Iskandar