logo


Soal Keturunan PKI Daftar TNI, Fadli Zon Ingatkan Komunisme 'Gaya Baru'

Fadli Zon mengatakan tidak ada larangan bagi keturunan PKI mendaftar sebagai prajurit TNI

1 April 2022 10:26 WIB

Fadli Zon
Fadli Zon Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Gerindra Fadli Zon mengatakan tidak ada larangan bagi keturunan PKI mendaftar sebagai prajurit TNI. Namun, ia meminta pemerintah waspada terhadap gerakan komunisme di era saat ini.

Hal tersebut, ia sampaikan menanggapi keputusan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang membolehkan keturunan PKI mendatar jadi prajurit TNI.

"Sebenarnya tak ada larangan bagi keturunan PKI sejak reformasi, selama setia pada Pancasila dan RI," kata Fadli Zon kepada wartawan, Kamis (31/3/2022).


Tak Setuju Tes Renang Seleksi TNI Dihapus, Golkar: Prajurit Harus Siap Perang di Segala Medan

Fadli mengatakan bahwa ideologi komunisme dan PKI masih terlarang berdasarkan TAP MPRS No 25/1966 dan UU No.27/1999. Ia pun mengingatkan bahwa saat ini masih ada pihak-pihak yang sengaja memutar balikan fakta sejarah.

"Namun kewaspadaan tetap perlu, karena masih ada yang berusaha memutarbalik sejarah atau membelokkan sejarah seperti dalam kasus 'Kamus Sejarah' yang menonjolkan tokoh-tokoh PKI dan menghilangkan nama KH Hasyim Asy'ari," bebernya.

Ia lantas menyinggung komunisme 'gaya baru' yang ada pada saat ini. Tindakan itu, kata dia, seperti memecah belah persatuan bangsa, adu domba, hingga Islamophobia.

"Juga komunisme 'gaya baru' yang perwujudannya seperti memecah belah bangsa, adu domba, anti agama termasuk Islamophobia," tandasnya

 

Jenderal Andika Bolehkan Keturunan PKI Daftar TNI, PKB: Mereka Tidak Serta Merta Jadi Pengkhianat

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati