logo


Timnas Rusia Dilarang Tampil di Piala Dunia, Begini Penjelasan Bos FIFA

Presiden FIFA menjelaskan alasan mengapa timnas Rusia dilarang tampil di kompetisi internasional

31 Maret 2022 21:45 WIB

Presiden FIFA Gianni Infantino
Presiden FIFA Gianni Infantino BeritaSatu

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Presiden Badan Sepakbola Dunia (FIFA) Gianni Infantino mengatakan bahwa "bukan keputusan yang mudah" untuk melarang timnas Rusia tampil di kompetisi internasional. Seperti diketahui, FIFA dan badan sepak bola Eropa UEFA memberlakukan larangan pada semua tim dan klub nasional Rusia pada akhir Februari, mengikuti rekomendasi dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) setelah negara tersebut melancarkan serangan militer terhadap Ukraina.

"Ini bukan keputusan yang mudah, tentu saja tidak, karena ini tentang orang-orang yang mencintai sepak bola, seperti di tempat lain," kata bos FIFA itu dikutip RT.com.

“Tetapi kami harus mengambil keputusan, dan sekarang kami harus melihat ke depan dan berharap permusuhan dapat berhenti dan kami dapat membawa sedikit perdamaian,” imbuhnya.


NATO Sebut Pasukan Militer Rusia Tidak Ditarik Keluar dari Ukraina, Tapi...

Ia menambahkan bahwa keputusan untuk menangguhkan timnas Rusia tersebut telah diambil sekitar sebulan yang lalu. Ia juga mengakui bahwa Persatuan Sepak Bola Rusia telah mengajukan banding atas keputusan tersebut di CAS [Pengadilan Arbitrase Olahraga], dan mereka sedang menunggu hasilnya.

“Saya sangat berharap konflik dapat berakhir dan kami akan berada di sana pada hari pertama untuk bermain sepak bola lagi. Itulah yang dibutuhkan di negara-negara ini. Rusia sebagai serikat sepak bola, seperti federasi lainnya, belum diskors seperti itu oleh FIFA, dan telah berpartisipasi dalam kongres ini juga. Jika kita tidak memiliki kesempatan untuk menyatukan orang-orang seperti kongres, maka kita lebih baik berhenti dan pulang,” lanjutnya.

Saat ditanya apakah tim sepakbola negara mana pun yang dianggap sebagai agresor di masa depan akan secara otomatis dijatuhi sanksi serupa, Infantino menjawab:“FIFA bertindak di mana-mana di dunia. Kita harus memperlakukan situasi yang sama dengan cara yang sama, dan situasi yang berbeda dengan cara yang berbeda,” jawab Infantino.

“Kami harus menganalisis setiap situasi dengan cara yang sama. Anda mengatakan kami bertindak cepat, saya juga mendengar kami bertindak lambat. Setiap keputusan yang Anda ambil mungkin salah, kita akan tahu seiring berjalannya waktu. Kami juga menganalisa setiap situasi berdasarkan kemampuannya sendiri, dan berdasarkan hati nurani kami, kami mencoba mengambil keputusan yang kami rasa paling tepat dalam situasi khusus ini,” tukasnya.

Ukraina Desak Belanda Boikot Pasokan Energi Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia