logo


Ketua KPK Kaitkan Jengkelnya Jokowi soal Impor dengan Korupsi, MAKI Minta KPK Selidiki

Ketua KPK, Firli Bahuri, menilai jengkelnya Jokowi tentang instansi yang banyak membeli barang impor ada kaitannya dengan korupsi

27 Maret 2022 08:52 WIB

Boyamin Saiman
Boyamin Saiman Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua KPK, Firli Bahuri, menilai jengkelnya Presiden Joko Widodo tentang instansi yang banyak membeli barang impor ada kaitannya dengan korupsi di sektor pengadaan barang dan jasa.

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi (MAKI), Boyamin Saiman, minta Firli untuk merealisasikan pernyataannya.

"Saya sangat mendukung pendapatnya Pak Firli dalam hal ini, dan saya minta memohon pada Pak Firli statement itu terealisasikan dalam tindakan KPK mengusut dugaan korupsi di pengadaan-pengadaan itu yang dalam beberapa dokumen itu persyaratannya menyalahi ketentuan yang berlaku," kata Boyamin kepada wartawan, Sabtu (26/3).


Desak Audit Soal Impor, Refly Harun: Jangan-jangan Jokowi Kaget Ternyata Pelaku Kalangan Istana

"Misalnya barangnya dalam negeri tapi membeli barang dari luar negeri dengan maksud barang yang lebih murah misalnya, sehingga menghilangkan daya saing produk dalam negeri. Atau justru sengaja membeli barang dari luar negeri supaya bisa dibuat mark up menjadi lebih mahal," lanjutnya.

Boyamin menilai banyak dugaan celah korupsi dari pengadaan barang. Boyamin minta KPK menyelidiki dan menemukan alat bukti untuk menentukan adanya korupsi atau tidak.

"Jadi banyak sebenarnya dugaan celah korupsi dari pengadaan-pengadaan yang pembelian barangnya dari luar negeri, dan saya minta pada pak Firli dan KPK segera melakukan penyelidikan dan segera melakukan penyidikan dan menemukan dua alat bukti untuk menentukan adanya korupsi atau tidak," ujarnya.

Boyamin tidak ingin Firli hanya sekadar omong kosong tanpa ada realisasinya. Boyamin menyinggung soal Harun Masiku yang masih jadi buronan.

"Salah satu bentuk konkret yang disampaikan Pak Firli jadi jangan sampai ini hanya omong doang dan tidak ada realisasinya. Karena saya udah terlalu sering mendengarkan banyak hal yang dinarasikan pak Firli kemudian tidak ada realisasinya. Seperti Harun masiku itu buron katanya pasti ketangkap tapi nyatanya sampai sekarang belum ketangkap," ujarnya.

Maklum Jokowi Marah Soal Impor, Anwar Abbas: Nasionalisme Penyelenggaran Negara Telah Rusak

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata