logo


Jokowi Jengkel Seragam Polri Impor, Kompolnas: Itu Produk Dalam Negeri

Poengky mengatakan bahwa Polri diperbolehkan menggunakan almatsus dari luar negeri namun harus memenuhi kriteria tertentu.

26 Maret 2022 14:00 WIB

Poengky Indarti
Poengky Indarti Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Presiden Joko Widodo mengaku geram dengan budaya impor. Ia lantas mencontohkan seragam Polri dan TNI yang didatangkan dari luar negeri.

Menanggapi hal itu, Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menegaskan bahwa seraganm Polri merupakan produk dalam negeri. Ia menyebut ketentuan seragam Polri termasuk pengadaannya sudah diatur di Pasal 6 dalam Perkap Nomor 10 Tahun 2015 tentang Pedoman dan Tata Cara Khusus Penyediaan Alat Material Khusus Polri.

"Sepengetahuan kami seragam dan sepatu Polri sesuai arahan Presiden menggunakan produksi dalam negeri. Polri diharapkan senantiasa menggunakan produksi dalam negeri, termasuk pengadaan almatsus. Intinya tidak hanya seragam dan sepatu, almatsus juga diharapkan produk dalam negeri," kata Poengky Indarti dilansir detikcom, Jumat (25/3/2022).


Heran Presiden Marah tapi Dapat Tepuk Tangan, Fahri: Emangnya Presiden Lagi Stand Up Comedy?

Poengky mengatakan bahwa Polri diperbolehkan menggunakan almatsus dari luar negeri namun harus memenuhi kriteria tertentu.

"Apabila produk dalam negeri tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan pengguna, dapat menggunakan produksi luar negeri," ucap dia.

"Kalaupun menggunakan produksi luar negeri, maka ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, yakni harus menggunakan industri nasional dengan mempertimbangkan aspek alih teknologi, muatan lokal, kerjasama pembiayaan (konsorsium), peralihan proses produksi, kerja sama produksi atau kerja sama investasi," pungkasnya.

 

Bantah Jokowi, TB Hasanuddin Sebut Seragam TNI-Polri Buatan Indonesia

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati