logo


Uni Emirat Arab Ingin Tingkatkan Kerja Sama Keamanan Energi dengan Rusia

Uni Emirat Arab menyatakan ingin meningkatkan kerjasama di bidang energi dengan Rusia

17 Maret 2022 20:45 WIB

Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab, Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan (kanan) saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov (kiri)
Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab, Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan (kanan) saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov (kiri) Reuters

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Uni Emirat Arab ingin bekerja sama dengan Rusia dalam meningkatkan keamanan energi global. Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab, Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan, di Moskow, pada Kamis (17/3).

Seperti diketahui, operasi militer khusus Rusia ke Ukraina telah memicu serangkaian sanksi dari negara Barat dan mengganggu pasar energi global, dengan eksportir energi dari negara-negara Timur Tengah, seperti UEA dan Arab Saudi, berusaha mencari pasokan untuk menggantikan minyak Rusia.

Arab Saudi dan UEA sejauh ini sudah menolak permintaan Washington untuk menggunakan kapasitas produksi cadangan minyak Amerika Serikat untuk membantu menahan harga minyak, dengan mengatakan bahwa mereka berkomitmen pada pakta produksi di bawah aliansi OPEC+, yang juga mencakup Rusia.


Sebut Beijing Dukung Invasi Rusia, Australia Bakal Segera Jatuhkan Sanksi bagi China

"Penting untuk menjaga stabilitas pasar energi dan makanan," kata menteri Emirat dalam konferensi pers bersama yang disiarkan televisi dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov.

"Kami menyambut semua upaya mediasi dalam krisis Ukraina. UEA siap untuk terlibat dengan para pihak untuk memperkuat peluang bagi resolusi damai," kata Sheikh Abdullah dikutip Reuters.

Meski menjadi salah satu sekutu AS dalam hal pertahanan, Uni Emirat Arab juga telah memperdalam hubungan dengan Rusia dalam hal perdagangan. Negara Timur Tengah tersebut juga abstain dalam pemungutan suara di Dewan Keamanan PBB untuk mengutuk invasi Rusia ke Ukraina.

Jerman Tolak Rencana Pengerahan Pasukan Penjaga Perdamaian NATO ke Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia