•  

logo


Ingatkan Perang Rusia-Ukraina Berdampak Stok Minyak Goreng di RI, Ganjar: Siapkan Politik Pangan!

Ganjar mengatakan bahwa operasi pasar minyak goreng tidak sepenuhnya mengatasi kelangkaan dan kenaikan harga di pasaran

17 Maret 2022 12:44 WIB

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo tirto.ID

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa perang Rusia-Ukraina telah berdampak pada harga minyak dan gas dunia. Hal itu, kata dia, juga berdampak pada harga kebutuhan pangan dalam negeri, termasuk minyak goreng yang langka di pasaran.

"Hati-hati, sekarang harga minyak dunia naik, biasanya kemudian harga gas naik, itu akan berpengaruh pada kita," kata Ganjar mengutip Antara, Rabu (16/3/2022).

Ganjar lantas meminta bupati dan wali kota di wilayahnya melakukan politik pangan.


Gagal Kendalikan Harga Minyak Goreng, PKS: Pemerintah Menyerah pada Kartel

"Untuk itu, saya minta siapkan politik pangan. Kalau biasanya hanya tanam padi, sekarang siapkan tanaman pendamping seperti jagung, singkong, dan lainnya," ujarnya.

Disisi lain, Ganjar mengatakan bahwa operasi pasar minyak goreng tidak sepenuhnya mengatasi kelangkaan dan kenaikan harga di pasaran. Oleh karena itu, ia meminta kepala daerah waspada akibat kelangkaan minyak goreng.

"Hati-hati, itu bisa mengganggu kondisi ekonomi kita. Biasanya 'volatile food' bisa naik, kita harus jaga-jaga, apalagi sebentar lagi Ramadhan," ucap dia.

Lebih lanjut, politikus PDIP itu mengatakan bahwa Pemprov Jateng saat ini tengah menyusun strategi untuk mengatasi dampak yang timbul akibat gejolak politik dunia.

"Kalau dalam posisi seperti ini, kita proyeksi sampai 5-10 tahun ke depan, apa yang bisa dilakukan. Politik pangannya harus bagaimana, energi, perdagangan, pariwisata, UMKM dan lain-lain harus bagaimana, harus ada antisipasi-antisipasi dan dicarikan penyelesaian," bebernya.

 

Stok Minyak Goreng Melimpah Usai Harga Kembali ke Pasar, PKS Curiga

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati