logo


Viral Nikah Beda Agama di Semarang, Wamenag: Tidak Tercatat di KUA

Wamenag menegaskan bahwa peraturan terkait pernikahan di Indonesia sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019

9 Maret 2022 14:12 WIB

Zainut Tauhid
Zainut Tauhid Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Beredar di media sosial beberapa foto yang menunjukkan pernikahan beda agama di sebuah gereja di Semarang, Jawa Tengah. Foto tersebut menjadi viral karena pengantin wanita yang beragama Islam mengenakan hijab saat di prosesi pernikahan berlangsung.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi memastikan bahwa pernikahan itu tidak tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA).

"Peristiwa pernikahan beda agama yang viral di media sosial itu tidak tercatat di Kantor Urusan Agama atau KUA," kata Zainut dalam keterangannya Rabu (9/3/2022).


Viral Pasutri Positif Corona Jalan-jalan di Malang, PAN: Jangan-jangan Cuma Cari Sensasi

Zainut mengatakan demikian setelah berkoordinasi dengan Kantor Wilayah Kemenag Jawa Tengah. Ia pun menegaskan bahwa peraturan terkait pernikahan di Indonesia sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan.

Ia menjelaskan bahwa dalam Pasal 2 ayat (1) menyatakan perkawinan sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agama dan kepercayaan.

"Pasal ini bahkan pernah diajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada tahun 2014, dan sudah keluar putusan MK yang menolak judicial review tersebut," ujarnya.

"Artinya, ketentuan Pasal 2 ayat (1) UU perkawinan masih berlaku," sambungnya.

 

Hari Raya Nyepi, Kemenag: Perbedaan-perbedaan Sebagai Perekat Persatuan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati