logo


Pertamina Dukung SiDaun untuk Terus Tingkatkan Daya Saing

Produksi SiDaun memiliki dua varian yaitu SiDaun Singkong dan SiDaun Pepaya dengan berbagai rasa

5 Maret 2022 09:10 WIB

Camilan SiDaun
Camilan SiDaun Dok. Pertamina

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat terus berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) mitra binaan Pertamina agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu wujud komitmen tersebut adalah dengan memberikan dukungan yang diterima oleh Ela Rohayati sebagai pemilik usaha camilan SiDaun sejak tahun 2019.

Berawal kiriman daun singkong dari keluarga lalu diolah menjadi sebuah cemilan keripik sehat dan mendapat respon positif. Disitulah Ela mengawali sebuah bisnis olahan daun singkong.


Pertamina Tindak Tegas SPBU Melanggar Aturan

“Saat itu saya bingung entah mau diapakan daun singkong sebanyak itu, akhirnya saya coba iseng mengolah daun tersebut menjadi cemilan keripik, sebelumnya saya pernah mengolah jengkol menjadi kerupuk jengkol, dan setelah diolah hasil produknya kami bagi-bagikan kembali kepada saudara dan keluarga,” ucap Ela Rohayati

Selain sehat, daun singkong olahan ini juga memiliki nilai ekonomis, karena dedaunan tersebut ternyata banyak memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Pada tahun 2020 SiDaun mulai melakukan diversifikasi produk lainnya dengan mengolah dedaunan lain yaitu daun pepaya menjadi SiDaun Pepaya.

“Tentunya kami memilih Daun yang bernutrisi dan dapat diolah menjadi panganan dan kedepannya akan banyak Daun yang akan kami olah untuk dijadikan cemilan,” kata ela.

Produksi SiDaun ini juga memiliki dua varian yaitu SiDaun Singkong dan SiDaun Pepaya dengan berbagai rasa juga seperti original, keju, keju Pedas, rendang, seaweed, sambal seblak, cokelat, thai tea, green tea dan tiramisu. Untuk awal tahun 2021 kemarin SiDaun juga mengeluarkan produk baru yaitu Bon Daun (sambal tabur dari daun singkong).

Dibantu oleh 4 orang karyawan produksi dan tim Marcomm yang menangani media sosial serta marketplace, SiDaun mampu meraup omset rata-rata di Rp125 juta - Rp150 juta per bulan. Selain itu, Ela Rohayati juga melakukan pengiriman untuk permintaan produk ke luar kota dan pengiriman sampel ke Singapore, Korea Selatan, Turki, USA & Swiss.

Selama merintis bisnis, SiDaun pernah mengikuti beberapa event seperti Food Startup Indonesia 2020 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bandung Week Market di Bali 2020 dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Pasar Kreatif Bandung 2021 dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Ajang Kreasi Indonesia 2021 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Virtual Expo Madagascar 2021 dari BiznIDs Indonesia.

Melalui program Mitra Binaan Pertamina Ela Rohayati berharap bisa mendapatkan omset 2 kali lipat dan dapat menambah exposure dari brand SiDaun itu sendiri.

“Kami berharap bisa menambah exposure, karena produk kami diliput oleh beberapa media, dengan seringnya diliput oleh media nasional otomatis nama SiDaun juga lebih dikenal lagi," katanya.

Melalui kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Pertamina kepada Mitra Binaannya bisa memediasi dan menstimulasi lahirnya gagasan serta ide usaha para mitra binaan sebagai pemecah persoalan ekonomi masyarakat.

“Dengan membantu UMK memberikan fasilitas promosi ke media dan event merupakan salah satu cara kami dalam mendampingi mitra binaan Pertamina untuk tumbuh dan berkembang. Untuk itu, kami berharap agar para mitra binaan tersebut juga memiliki peluang dalam memberdayakan potensi, kondisi ekonomi, sosial, dan lingkungan masyarakat di wilayahnya dengan fokus diarahkan pada pengembangan ekonomi kerakyatan untuk menciptakan pemerataan pembangunan," kata Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan.

Program ini juga bertujuan untuk terus mengimplementasikan poin 8 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Selain SDGs, Pertamina juga berupaya menjalankan Environmental, Social & Governance (ESG) dibidang sosial. Dengan cara ini, Pertamina yakin dapat senantiasa menghasilkan manfaat ekonomi di masyarakat sesuai dengan tanggung jawab lingkungan dan sosial.

Adapun syarat untuk dapat bergabung menjadi mitra binaan Pertamina dapat dilihat pada laman tautan berikut https://www.pertamina.com/id/program-kemitraan

Jaga Kualitas Kendaraan dan Lingkungan, Pengemudi Online Ajak Masyarakat Gunakan BBM Oktan Tinggi

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata