logo


Khawatir dengan Invasi China, AS Kirim Delegasi ke Taiwan

Pemerintah AS dikabarkan telah mengirimkan delegasi untuk berkunjung ke Taiwan ditengah meningkatnya kekhawatiran mengenai invasi China ke pulau tersebut

1 Maret 2022 17:00 WIB

Bendera China (kiri) dan Taiwan
Bendera China (kiri) dan Taiwan istimewa

TAIPEI, JITUNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Senin dikabarkan telah mengirim sebuah delegasi yang berisi sejumlah mantan tokoh militer dan keamanan nasionalnya ke Taiwan, dimana mereka akan bertemu dengan para pejabat, termasuk Presiden Tsai Ing-wen.

"Perjalanan itu adalah pertanda bahwa hubungan antara Taipei dan Washington tetap 'kokoh'!" kata Kedubes Taiwan untuk AS, dikutip RT.com.

Delegasi tersebut dipimpin oleh mantan ketua Kepala Staf militer Mike Mullen, dan diikuti oleh sejumlah tokoh seperti Meghan O'Sullivan, mantan wakil penasihat keamanan nasional dalam pemerintahan George W. Bush; Michele Flournoy, mantan wakil menteri pertahanan di bawah Barack Obama; Mantan pejabat Dewan Keamanan Nasional Mike Green dan Evan Medeiros.


Uni Eropa Bakal Ijinkan Pengungsi Ukraina Tinggal di Wilayah Mereka selama Tiga Tahun

Tim diharapkan tiba di Taipei pada hari Selasa (1/3), dan akan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen pada hari Rabu.

Berbicara kepada Reuters, seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya menolak untuk menghubungkan kunjungan delegasi dengan ancaman yang meningkat. Ia hanya mengatakan bahwa kunjungan tersebut menunjukkan “komitmen lebih luas pemerintahan Joe Biden terhadap Taiwan.”

Dalam sebuah wawancara pada pekan lalu, mantan Presiden Donald Trump mengklaim bahwa China mungkin akan menginvasi Taiwan, setelah AS tidak mengerahkan pasukan militer ke Ukraina yang tengah diserang oleh Rusia.

 

 

China Sebut Sanksi Negara Barat terhadap Rusia Tak Punya Dasar Hukum

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia