logo


Wagub Uu Ruzhanul Rela Di-endorse Gratis Lewat UUdentity Demi Gairahkan Kembali UMKM di Jawa Barat

UUdentity merilis beberapa artikel kaos yang dapat dibeli oleh seluruh masyarakat

27 Februari 2022 20:34 WIB

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat meresmikan UUdentity secara online pada Rabu (23/02/2022).
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat meresmikan UUdentity secara online pada Rabu (23/02/2022). Dok. Humas Pemprov Jawa Barat

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Sejak masa pandemi COVID-19 di Indonesia terjadi pada tahun 2020, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia mulai mengalami penurunan. Hal ini senada dengan data yang diberikan oleh KADIN (Kamar Dagang dan Industri) dimana sejak Juli 2020 hingga saat ini, terdapat 30 juta UMKM yang bangkrut. Selain itu juga bahkan hasil dari survey Bank Indonesia yang dilakukan pada Maret 2021 memperlihatkan bahwa terdapat 87.5% UMKM terdampak akibat adanya pandemi dan 93.3% pelaku usaha sektor tersebut merasakan penurunan omzet penjualan.

Untuk menangani hal tersebut, pemerintah Indonesia mulai mengajak para UMKM di seluruh Indonesia untuk melakukan digitalisasi sebagai bentuk mempertahankan eksistensi dari UMKM. Namun sayangnya terkadang masih sering mengalami kendala-kendala untuk mulai mendigitalisasi UMKM termasuk di Jawa Barat.

Oleh karena itu Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum merasa sangat perlu turun tangan untuk membantu UMKM di Jawa Barat yang masih sulit untuk melakukan digitalisasi dan memasarkan produk-produknya. Dimulai dari Uu yang sering membantu mempromosikan produk UMKM di Jawa Barat lewat akun Instagramnya setiap hari Selasa, akhirnya Uu pun membangun sebuah wadah untuk UMKM-UMKM yang bernama UUdentity.


Wagub Uu Berikan Bantuan Rp100 Juta kepada Ponpes Miftahul Khoirot dan Rp2,5 Juta untuk Korban Sekitar

UUdentity yang berawal dari sebuah UMKM lokal Jawa Barat yang nyaris bangkrut ini akhirnya diresmikan langsung oleh Uu pada Rabu (23/02/2022) yang dilaksanakan secara online melalui Instagram Live. Sesuai dengan semangat mensupport UMKM di Jawa Barat, kali ini UUdentity merilis beberapa artikel kaos yang dapat dibeli oleh seluruh masyarakat. Produk kaos ini dipilih menjadi produk pertama yang dibantu oleh UUdentity karena pada dasarnya Jawa Barat memang dikenal sebagai daerah yang kreatif juga inovatif di dunia fashion.

“UUdentity kan ada produk, yaitu kaos dengan berbagai macam kata yang unik. Sengaja kata-katanya unik, biar disukai dan tidak lupa. Nah kenapa? Karena setelah pandemi ini ekonomi Jawa Barat kan seperti kita rasakan, terutama UMKM. Maka saya mendorong UMKM untuk menggeliat kembali dengan berbagai macam produk,” ujar Uu saat meresmikan UUdentity secara online pada Rabu (23/02/2022). Dimana hanya dalam waktu beberapa jam saja, produk dari UUdentity langsung terjual sebanyak 30 pieces.

Dengan hadirnya UUdentity, Uu membuka secara lebar jalan untuk para UMKM berkolaborasi bersama UUdentity dalam bentuk apapun. Bentuk support seperti mempromosikan UMKM di Jawa Barat atau melakukan kerjasama dengan UUdentity nantinya akan terus digemborkan oleh Uu beserta UUdentity. Sehingga akan terjadi simbiosis mutualisme antara UMKM Jawa Barat dengan UUdentity yang sama-sama menaikan UMKM di Jawa barat.

Nantinya, UUdentity diharapkan dapat melakukan kolaborasi bersama UMKM-UMKM lain yang merasa masih belum bisa memasarkan produknya secara luas. Bahkan Uu sendiri pun merasa bahwa dirinya akan siap di ‘endorse’ gratis oleh para pelaku UMKM di Jawa Barat. Sehingga pada akhirnya UMKM dapat dikenal secara luas oleh masyarakat Jawa Barat lewat kerjasama bersama UUdentity.

“Bedanya UUdentity dengan yang lain kan biasa kalau tukang kaos ini diborong, ngejaitnya disitu, nyablonnya di situ, dan jualan juga di situ, kalau ini kolaborasi, tukang kain ada lagi, tukang jait ada lagi, tukang sablon ada lagi, tukang dagang ada lagi. Jadi berbagai macam dari mulai produksi sampai ke masyarakat minimal ada 4 orang terlibat kolaborasi,” jelas Uu.

Kolaborasi antara UMKM ini sangat terbuka baik untuk bidang fashion, kuliner, furniture, dan masih banyak hal lainnya. Dimana Uu pun menyediakan page khusus untuk masyarakat yang memiliki UMKM dan ingin berkolaborasi bersama UUdentity lewat website resminya yaitu uudentity.com. Dimana nantinya UMKM-UMKM tersebut akan dikurasi dan dipilih oleh tim dari UUdentity.

“Kemudian juga saya berharap teman-teman baraya semua bisa beli segala produk yang bekerjasama dengan UUdentity supaya mensupport UMKM menggeliat kembali dan semangat kembali. Jadi kan kalau dagang laku mereka juga seneng membuatnya,” lanjut Uu sambil mengajak kepada seluruh masyarakat.


Cara Untuk Berkolaborasi

Jika para pemiliki usaha UMKM di Jawa Barat menginginkan untuk bekerja sama dengan UUdentity maka bisa melalkukan register sesuai dengan ketentuan di bawah ini:

1. Buka halaman resmi UUdentity di uudentity.com
2. Klik halaman ‘Kolaborasi’
3. Isi data UMKM dan semua data yang diperlukan pada formulir
4. Lalu klik ‘send’

Semua data dari UMKM yang ingin berkolaborasi nantinya akan dikurasi oleh tim UUdentity dan akan dihubungi via Whatsapp. Untuk informasi lebih lanjut, pemiliki usaha dapat menghubungi nomor whatsapp di wa.me/+6281311695196

Panglima Santri Jabar: Tak Elok Tasbihkan Adzan dengan Gonggongan Anjing

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati