logo


Janji Proyek IKN Tak Pinggirkan Warga Lokal, Moeldoko: Mereka Ikut Berkontribusi Besar

Moeldoko meminta semua pihak agar tidak egois dengan enggan bepindah ke IKN yang baru

24 Februari 2022 05:00 WIB

Moeldoko
Moeldoko Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan bahwa proyek Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur tidak akan meminggirkan masyarakat lokal yang sudah dulu menetap disana.

"Yang lain adalah kebijakan afirmatif untuk masyarakat. IKN dan modernisasi agar tak alienasi mereka. Jangan sampai meminggirkan mereka," kata Moeldoko dalam acara 'Beranda Nusantara, Menuju Ibu Kota Negara Baru, Rabu (23/2/2022).

Moeldoko mengatakan bahwa pemerintah akan melibatkan tenga kerja lokal dalam proyek pembangunan IKN. Ia menyebut masyarakat lokal memiliki kontribusi yang besar dalam proyek itu.


Kepala Otorita IKN Nonparpol, PKS: Proyek 'Roro Jonggrang' Bisa Gagal Jika Salah Pilih Nakhoda

"SDM di sana tak boleh diabaikan. Kehadiran IKN jadi faktor pengungkit. Memunculkan SDM dan menyerap tenaga kerja yang ada di sana. sehingga mereka gak hanya jadi penonton. Dan jadi peran aktif di dalamnya. Sehingga mereka ikut kontribusi besar dalam proyek ini," ujarnya.

Lebih lanjut, ia meminta semua pihak agar tidak egois dengan enggan bepindah ke IKN yang baru. Ia mengingatkan bahwa kedepannya Indonesia memiliki tantangan yang lebih kompleks sehingga diperlukan solusi yang komprehensif.

"Kita harus lihat tantangan dunia saat ini, jangan kita egois pikirkan generasi kita sehingga kita ogah bergerak ke sana. Sehingga masyarakat harus memahami secara utuh kenapa kita pindah ke sana," tandasnya.

 

Soal Pembangunan Awal IKN, Jokowi: Diawali dengan Merevitalisasi dan Mereboisasi Hutan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati