logo


Soal Pembangunan Awal IKN, Jokowi: Diawali dengan Merevitalisasi dan Mereboisasi Hutan

Jokowi yakin IKN Nusantara menjadi representasi bangsa yang unggul

23 Februari 2022 11:40 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Instagram @jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa tahap pertama pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diawali dengan revitalisasi dan reboisasi hutan.

"Rencana pembangunan IKN Nusantara akan dimulai pada tahap pertama di kawasan inti pusat pemerintahan dan diawali dengan upaya merevitalisasi dan mereboisasi hutan terlebih dahulu. Diikuti dengan pembangunan infrastruktur dasar, wilayah hijau dan biru kota, kompleks pemerintahan, perkantoran beserta sarana dan prasarananya," kata Jokowi dalam Beranda Nusantara 'Menuju Ibu Kota Negara Baru' yang disiarkan di YouTube RRI, Rabu (23/2).

Jokowi yakin IKN Nusantara menjadi representasi bangsa yang unggul.


Kepala Otorita IKN Nonparpol, PKS: Proyek 'Roro Jonggrang' Bisa Gagal Jika Salah Pilih Nakhoda

"Saya yakin IKN Nusantara akan menjadi representasi bangsa yang unggul sehingga menjadi contoh bagi perkembangan kota-kota lain di Indonesia dan menunjukkan kepada warga di dunia bagaimana Indonesia menjalankan rencana baru dalam membangun cita-cita masa depan," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa pemerintah mengupayakan transformasi dengan merawat alam dan lingkungan.

"Upaya ini akan dilakukan melalui transformasi merawat alam dan lingkungan. Seminimal mungkin berdampak pada lingkungan, menggunakan material alam dan berbasis energi terbarukan," kata Jokowi.

"Transformasi dalam berbangsa dan bernegara, memperkenalkan kembali pada poros peradaban Nusantara, kepada kekayaan dan keberagaman alam dan budaya Indonesia. Transformasi dalam bermukim, harmonis dengan alam, dilengkapi dengan hunian yang dinamis, humanis dan berbasis semangat gotong royong serta kebersamaan," sambungnya.

Bicara soal Perubahan Iklim, Jokowi: Budaya Kerja BNPB Harus Siaga

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata