logo


Bicara soal Perubahan Iklim, Jokowi: Budaya Kerja BNPB Harus Siaga

Jokowi mengatakan bahwa evakuasi harus terus disiagakan serta instrumen peringatan dini harus selalu diperiksa.

23 Februari 2022 10:12 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Instagram @jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo berbicara mengenai perubahan iklim yang bisa berakibat buruk. Jokowi menyebut banyak negara yang mengalami bencana alam akibat perubahan iklim.

"Karena kita tahu perubahan iklim dunia nanti arahnya akan semakin mengerikan. Semua negara juga sudah ngeri dan sudah mengalami bencana yang sebelumnya tidak ada kemudian ada karena perubahan iklim," kata Jokowi dalam rapat koordinasi nasional penanggulangan bencana 2022, Rabu (23/2).

Jokowi mengatakan bahwa evakuasi harus terus disiagakan serta instrumen peringatan dini harus selalu diperiksa. Jokowi minta BNPB untuk mengingatkan kementerian atau lembaga terkait.


Minta Pemindahan IKN Tak Dipertentangkan, Jokowi: Itu Sebuah Perubahan Besar!

"Jalur evakuasi harus terus disiagakan, instrumen-instrumen peringatan dini harus terus di-upgrade dan dicek secara rutin. Ini yang seringkali kita tidak disiplin di sini, cek secara rutin. Saya tahu tidak semua pengadaan alat ini oleh BNPB. Tapi saya minta BNPB ikut terlibat dan mengingatkan kementerian/lembaga terkait untuk menjalankan tugasnya. Karena ini sekali lagi menyangkut keselamatan rakyat," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa BNPB harus siaga, antisipatif, dan responsif. Menurut Jokowi, budaya tersebut sangat penting karena bencana sering kali datang tanpa diduga.

"Budaya kerja BNPB harus siaga, harus antisipatif, harus responsif dan adaptif. Budaya ini sangat penting karena bencana itu datangnya tidak terduga, datangnya secara tiba-tiba. Bahkan muncul bencana yang tidak terbayangkan sebelumnya, salah satunya adalah pandemi COVID-19. Semua ketidakterdugaan itu harus kita tangani untuk memperkecil risiko bagi bangsa dan negara," ujar Jokowi.

Kepala Otorita IKN Nonparpol, PKS: Proyek 'Roro Jonggrang' Bisa Gagal Jika Salah Pilih Nakhoda

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata